Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Golongan Calon Penghuni Surga Firdaus

Surga Firdaus

Surga Firdaus

Surga Firdaus : 7 Golongan Calon Penghuni Surga Firdaus - Setiap insan yang bisa memadukan iman dan amal soleh berkesempatan mendapatkan surga firdaus. Karena gambaran surga yang disebutkan dalam Al-Quran sangatlah indah dan tidak dapat dibandingkan dengan apa pun yang ada di muka bumi. Surga yang paling indah adalah Surga Firdaus.

Asal manusia diceritakan pada QS. Al Insan ayat 1

هَلۡ اَتٰى عَلَى الۡاِنۡسَانِ حِيۡنٌ مِّنَ الدَّهۡرِ لَمۡ يَكُنۡ شَيۡـٴً۬ـا مَّذۡكُوۡرًا

Hal ataa 'alal insaani hiinum minad dahri lam yakun shai'am mazkuuraa

Bukankah pernah datang kepada manusia waktu dari masa, yang ketika itu belum merupakan sesuatu yang dapat disebut?

Maksudnya,

Ayat pertama ini menegaskan tentang proses kejadian manusia dari tidak ada menjadi ada, pada saat manusia belum berwujud sama sekali. Disebutkan bahwa manusia berasal dari tanah yang tidak dikenal dan tidak disebut-sebut sebelumnya. Apa dan bagaimana jenis tanah itu tidak dikenal sama sekali. Kemudian Allah meniupkan roh kepadanya, sehingga jadilah dia makhluk yang bernyawa.

Selanjutnya bagaimana firman Allah dalam QS. Al Insan ayat 20 mengenai adanya surga tempat sebelum nabi adam diturunkan ke bumi, yang berbunyi:

وَإِذَا رَأَيْتَ ثَمَّ رَأَيْتَ نَعِيمًا وَمُلْكًا كَبِيرًا

Artinya: “Dan apabila kamu melihat di sana (surga), niscaya kamu akan melihat berbagai macam kenikmatan dan kerajaan yang besar.”

Mustahil jika umat muslim tidak menginginkan surganya Allah SWT. Pasalnya, gambaran surga firdaus betapa kenikmatan yang akan diperoleh di dalam surga tersebut sungguhlah indah dan kekal bagi mereka yang terpilih.

Allah SWT menciptakan surga sebagai tempat kembali orang-orang yang beriman. Adapun surga yang diciptakan Allah tersebut bermacam-macam. Surga yang paling tinggi dan paling utama adalah surga Firdaus. Semua orang mengidam-idamkan surga ini.

Rasulullah ﷺ bersabda dalam hadis riwayat Tirmidzi yang berbunyi:

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ فِي الْجَنَّةِ مِائَةُ دَرَجَةٍ مَا بَيْنَ كُلِّ دَرَجَتَيْنِ كَمَا بَيْنَ الْأَرْضِ وَالسَّمَاءِ وَالْفِرْدَوْسُ أَعْلَاهَا دَرَجَةً وَمِنْهَا تُفَجَّرُ أَنْهَارُ الْجَنَّةِ الْأَرْبَعَةُ وَمِنْ فَوْقِهَا يَكُونُ الْعَرْشُ فَإِذَا سَأَلْتُمُ اللَّهَ فَسَلُوهُ الْفِرْدَوْسَ

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مَنِيعٍ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ حَدَّثَنَا هَمَّامٌ عَنْ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ نَحْوَهُ

Artinya: Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa salam bersabda: "Di surga ada seratus tingkat, jarak antara masing-masing tingkat seperti antara bumi dan langit dan Firdaus adalah surga tertinggi, darinya empat sungai surga memancar, di atasnya 'arsy, bila kalian meminta kepada Allah, mintalah Firdaus." Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Mani' telah menceritakan kepada kami Yazid bin Harun telah menceritakan kepada kami Hammam dari Zaid bin Aslam sepertinya.

Jika demikian, sebagai manusia pasti berharap akan menjadi salah satu yang terpilih menjadi penghuni surga Firdaus. Demi terwujudnya keinginan tersebut, Allah SWT telah memberikan kunci yang harus kita punya untuk dapat membuka pintu surga Firdaus, sehingga dapat masuk ke dalamnya.

Seperti yang telah disebutkan dalam firman Allah QS. Al-Mu`minun ayat 1-11, yang artinya: “Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyuk dalam sholattnya, dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna, dan orang-orang yang menunaikan zakat, dan orang-orang yang menjaga kemaluannya, kecuali terhadap istri-istri mereka atau budak yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela. Barang siapa yang mencari di balik itu, maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas. Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya, dan orang-orang yang memelihara sholatnya. Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi, (yakni) yang akan mewarisi surga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya.”

Dari 11 ayat di atas, ada tujuh golongan manusia yang berhak menjadi calon penghuni surga Firdaus, yakni:

7 Golongan Calon Penghuni Surga Firdaus

Orang yang khusyuk dalam sholatnya

Meskipun berat, tetapi harus selalu diusahakan dengan cara berserah diri, tulus, ikhlas dan memusatkan perhatian hanya kepada Allah dalam menjalankannya.

Orang-orang yang menjauhkan diri dari perbuatan tidak berguna

Mereka yang senantiasa memilih perbuatan yang bermanfaat daripada yang membuang-buang waktu. Orang-orang ini akan selalu meninggalkan kebatilan dan sumpah yang tak perlu.

Orang-orang yang menunaikan zakat

Zakat sendiri menjadi kewajiban bagi setiap muslim yang harus selalu dikeluarkan setiap tahunnya. Zakat mengajarkan kita saling berbagi, karena di dalam harta yang diperoleh terdapat hak orang lain. Lebih dari itu, zakat berguna untuk menyucikan harta serta jiwa seseorang.

Orang-orang yang menjaga kemaluannya dari perbuatan keji dan zina

Perbuatan ini sangat dilarang oleh Allah meskipun hanya mendekatinya. Oleh sebab itu siapa saja yang berhasil menjauhinya jelas akan mendapat pahala yang besar.

Orang-orang yang menahan pandangannya

Nikmat bisa melihat wajib disyukuri oleh setiap manusia dan harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Oleh sebab itu, Allah memerintahkan kepada manusia untuk menjaga pandangan dari hal-hal yang tidak baik.

Orang-orang yang mampu menjaga amanah dan janji yang telah dipikulnya

Bagi siapa pun yang memiliki amanah, maka wajib menjaganya dengan sebaik-baiknya terlebih bagi para pemimpin yang dipilih oleh rakyat. Janji-janji harus ditepati karena janji adalah utang.

Orang-orang yang memelihara sholatnya

Sholat jelas merupakan amalan yang paling utama sebagai umat muslim. Memelihara di sini maksudnya adalah selalu sholat tepat waktu serta menyempurnakan rukuk, sujud dan gerakan lainnya.

Amalan yang Bisa Memasukkan Seseorang ke Surga Firdaus

Sering membaca Al-Quran, walau hanya dengan membaca 10 ayat perhari. Sebagaimana Rasulullah saw. bersabda,

“Barang siapa yang membaca sepuluh ayat Al-Qur’an di malam hari, maka untuk orang itu diberikan pahala satu qinthar, dan satu qinthar itu lebih baik dari pada dunia dan isinya. Pada hari kiamat, Tuhanmu ‘Azza wa Jalla akan berfirman, ‘Baca dan naiklah dengan tiap-tiap ayat yang kamu baca akan memperoleh satu derajat, hingga pada akhir ayat yang dimilikinya. 

Maksudnya orang yang sering membaca alquran 10 ayat alquran hingga khatam. Maka otomatis nanti disurga ia akan disuruh membaca kembali alquran. Setiap 1 ayat diangkatnya satu derajat, terus hingga ia mencapa ketingkatan surga firdaus. Allah mengatakan berhentilah, karena sesungguhnya kedudukanmu sekarang berada pada akhir ayat yang kamu baca. Oleh karena itu jangan sampai lupa untuk kita membaca alquran setiap hari walau 10 ayat.

Baca Juga : Puasa Syaban Pas Hari Jumat Gimana

 

insyouf.com
insyouf.com Religi dan Motivasi + Wawasan

Posting Komentar untuk "7 Golongan Calon Penghuni Surga Firdaus"