Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menjadi Pribadi Tegas Tanpa Kekerasan

menjadi pribadi tegas

Menjadi Pribadi Tegas

Menjadi Pribadi Tegas Tanpa Kekerasan - Sebenarnya apa yang dimaksud dengan ketegasan? Tegas adalah kemampuan kita dalam mengekspresikan emosi dan juga kebutuhan kita tanpa merugikan orang lain. Bagaimana cara kita menjadi pribadi yang lebih tegas. Pribadi yang tegas bukan sekedar kita berbicara lama, bahkan dengan nada teriak terus, itu bukan tegas namanya.


Marah-marah dengan orang lain itu bukan tegas, tapi ketegasan itu hubungannya dengan sebuah tindakan dan sikap apa yang kita ambil terhadap suatu pilihan. Kadang ada dua hal yang harus kita pilih, tapi kita pingin sekali untuk menentukan pilihan yang mana yang harus kita pilih.

Kita boleh dengarkan pendapat orang lain tetapi pada prinsipnya kita harus konsisten dengan pendirian kita kalau memang anda yakin dengan pendirian tersebut. Selanjutnya adalah menggunakan bahasa tubuh yang percaya diri, berkata dengan tidak melecehkan tapi dengan bahasa yang santun.

Tegas dan keras itu beda, boleh tegas tapi tidak boleh keras. Beda ya, kalua tegas ketika diberikan tawaran apapun kita cukup menolaknya saya tidak mau, saya tidak suka begini, saya lebih suka begini tanpa melakukan tindakan yang tidak baik. Tetapi kalau keras, keras itu seperti udah jelas mengancam dengan pukulan tangan atau matanya melotot atau menendang lah, kata-katanya keluar semuanya kebun binatang dan tidak pantas.

Ketegasan menjadi sebuah poin penting bagi kepribadian kita. Mengkritik yang sifatnya membangun juga menjadi sebuah ketegasan. Lebih mengedepankan keramah tamahan dalam menyampaiakan suatu ide atau gaagasan.

Dengan ketegasan kita dapat lebih respek dalam membela diri kita sendiri tanpa menyakiti orang lain. Penyampaian yang baik mengenai perasaan, pikiran dengan penuh toleran. Dan jika dalam situasi yang sedang menegangkan jangan sampai keluar dari batasan yang anda buat sendiri.

Menjadi pribadi yang tegas juga perlu belajar dan latihan. Selipkan kata maaf jika memang ada kesalahan yang kita perbuat. Menolak sesuatu hal bukan berarti kita tidak mau, mungkin ada prioritas lain yang sedang dikerjakan. Tegas dapat menjaga nilai- nilai kemanusian dan menjadikan diri lebih dihormati.
insyouf.com
insyouf.com Religi dan Motivasi + Wawasan

Posting Komentar untuk "Menjadi Pribadi Tegas Tanpa Kekerasan"