Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Kebiasaan yang Dapat Mengubah Mindshet Kita

pola pikir mindshet


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh 

Banyak orang berpikir bahwa menjadi orang yang cerdas berarti memiliki nilai yang bagus atau memiliki gelar.

Sebenarnya menjadi cerdas dan pintar adalah mampu berpikir kritis dan bisa membuat keputusan yang menguntungkan diri mereka. 

Ini bukan hanya sekedar tentang menghafal informasi ataupun mampu melafalkan fakta. Ini adalah tentang memahami bagaimana cara dunia bekerja dan kita menggunakan pengetahuan itu untuk keuntungan dan kehidupan kita.

Kita tidak perlu menjadi jenius atau menghabiskan waktu berjam-jam di perpustakaan untuk menjadi seorang yang cerdas dan pintar. 

Terlepas dari usia dan tingkat pendidikan kita. Kita bisa menjadi lebih pintar dan cerdas dengan mengikuti beberapa kegiatan atau kebiasaan yang sederhana. Ada banyak sebenarnya tapi saya mencoba merangkumnya menjadi 13 kebiasaan mengubah pola pikir mindshet kita.

Pertama, jangan hanya berasumsi. Ini adalah kebiasaan yang berlaku di setiap aspek kehidupan kita. Mulai dari cara kita menerima informasi baru hingga cara kita melakukan pendekatan dalam hubungan antarpribadi.

Banyak orang cenderung mengambil kesimpulan hanya karena melihat kulitnya saja. Mereka tidak menanyakan lebih jauh, mereka hanya berasumsi bahwa jika sesuatu hal yang sudah disajikan sebagai fakta di media ataupun sumber yang mereka percayai maka mereka menganggapnya itu pasti benar. 

Sayangnya hal demikian dapat menyebabkan pengambilan keputusan yang buruk. Karena kita akan kehilangan informasi yang dapat membantu untuk membuat pilihan yang lebih baik.

Jangan hanya berasumsi bahwa sesuatu itu benar hanya karena seseorang mengatakan kepada kita. Selalu klarifikasi dan lihat semua sisi sebelum kita mengambil keputusan.

Yang kedua baca sesuatu yang biasa tidak kita baca. Membaca adalah cara yang bagus untuk memperluas pengetahuan kita. Dengan membaca tanpa sadar kosakata kata kita menjadi baru yang bisa kita kuasai.

Dan jika kita menginginkan untuk menjadi lebih pintar dan cerdas kita harus membaca tiap hari, itu harus.

Anda juga harus mempertimbangkan untuk membaca sesuatu yang biasa mungkin anda tidak mau baca. meskipun secara langsung apa yang anda baca itu bertentangan dengan perspektif anda sendiri.

Entah itu artikel atau buku, membaca sesuai yang berbeda dari apa yang biasa kita baca, berpotensi menjadi pengalaman yang akan membuka mata kita, karena kita akan dipaksa untuk mempertimbangkan sesuatu dari sudut pandang yang berbeda.

Hal itu tentunya akan membantu memperluas kita dan bisa melahirkan ide-ide baru dalam pola pikir mindshet kepala kita.

Yang ketiga, diversifikasi atau buat hari kamu lebih bervariasi. Meskipun rutinitas bisa menjadikan sesuatu yang hebat dan bermanfaat tapi hal tersebut bisa membuat kita mudah terjebak dalam sebuah kebiasaan.

Untuk menjadi bahagia dan produktif kita perlu memvariasikan banyak hal. Sehingga kita akan terus-menerus melakukan hal-hal baru demi menjaga otak kita agar tetap senantiasa aktif.

Lepaskan diri kita dari kegiatan-kegiatan yang autopilot, kegiatan yang itu-itu saja setiap hari.

Coba rute pulang yang berbeda cobalah resep baru untuk makan malam atau cobalah berjalan-jalan atau berolahraga di luar rumah.

Daripada hanya berjalan di atas treadmill masukkan sedikit hal-hal baru dalam kehidupan sehari-hari kita. 

Yang keempat perlihatkan diri kita pada dunia yang berbeda dengan orang lain.  Pintar dan cerdas itu adalah tipe orang yang penasaran.

Mereka berusaha berinteraksi dengan orang yang berbeda dan mengekspos diri mereka sebanyak mungkin terhadap budaya, tempat, dan perspektif yang berbeda.

Ini adalah cara yang bagus untuk membuat pikiran kita terus bekerja. Ini tentu saja penting bagi kita untuk selalu berpikiran terbuka tentang informasi yang kita terima dari sumber-sumber ini.

Kita mungkin tidak setuju dengan semua yang kita lihat dan dengar. Tapi jika kita berpikiran terbuka itu akan membantu memperluas pemahaman kita tentang dunia di sekitar kita.

Yang kelima manfaatkan pembelajaran sesuatu yang baru setiap hari. Mempelajari sesuatu yang baru setiap hari.

Tidak peduli seberapa penting atau tidak penting itu akan berdampak besar pada otak kita.

Cobalah menonton acara pendidikan, cobalah mendengarkan audio atau podcast atau coba berlangganan buletin yang bisa menggugah pikiran kita.

Mungkin biasanya kitanya terbiasa menonton youTube atau belajar sesuatu yang sesuai dengan kerjaan kita. Tapi cobalah sekali-kali kita belajar tentang hal-hal lain di luar sana. Diluar kebiasaan kita.

Yang keenam terapkan pengetahuan baru ketika kita mempelajari sesuatu yang baru. Jangan biarkan itu sia-sia,  apa gunanya jika kita tidak menerapkan apa yang sudah kita pelajari. Jangan hanya belajar demi belajar saja. Tapi pastikan hal itu bisa memperbaiki hidup kita. 

Entah bagaimana caranya, entah mungkin anda belajar tentang nutrisi dan teknologi. Jika kita meluangkan waktu untuk mempelajari sesuatu praktekkan lah pengetahuan tersebut.

Yang ketujuh pikirkan cara baru untuk mengerjakan hal lama. cara ini bisa menantang otak kita untuk melihat hal-hal baru setiap hari. Pikirkan bagaimana caranya kita melakukan dengan cara yang sedikit berbeda.

Menemukan cara baru untuk melakukan sesuatu akan menghilangkan kebosanan dan membantu otak kita tetap tajam dan fokus, serta membuat hidup kita lebih menarik dan menyenangkan.       

Hamba Allah
Hamba Allah <<<<<<<<< semakin yakin dan semangat >>>>>>>>> I'AM MUSLIM