Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hentikan Rasa Bersalah Berkepanjangan Pada Dirimu

hentikan rasa bersalah berkepanjangan


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Siapa manusia di dunia ini yang tidak pernah salah. Manusia itu tempatnya salah, emiliki kesalahan masa lalu pasti semua pernah mengalaminya, bahkan terkadang karena besarnya kesalahan masa lalu itu sampai detik inipun kita belum bisa memaafkan diri kita sendiri.

Setiap kita mau melangkah maju kita menjadi takut. Karena nanti kita bisa mengulangi kesalahan yang sama seperti di masa lalu itu. Akhirnya apa yang terjadi, kita menjadi tidak berkembang. Bukan karena kita tidak pintar, atau karena lingkungan kita yang tidak mendukung. Kita menjadi tidak berkembang kearah yang lebih baik justru datang dari kita yang tidak bisa memaafkan diri kita dari kesalahan di masa lalu. Kalau kita selalu mengingat-ingat kesalahan di masa lalu, kita akan selalu dibelenggu oleh kesalahan masa lalu itu. Sehingga, kita tidak bisa untuk memperbaiki masa depan kita.

Mau sampai kapan? apakah kita akan terus menyakiti orang-orang yang kita cintai. Sejauh mana seseorang berdamai dengan rasa bersalahnya itu tergantung dari orangnya masing-masing. Kalau orang itu punya mental optimis yang kuat, maka rasa bersalah di masa lalu itu akan menjadi kekuatan dia dimasa yang akan datang.

Dia akan tetap merasa bersalah, tapi dia belajar dari rasa bersalah itu dan tidak larut menyesali rasa bersalah itu. Sedangkan orang-orang yang pesimis, sangat mudah putus asa. Dan biasanya penyesalan itu berkepanjangan, sehingga dia menjadi depresi, rasa dari dampak penyesalan itu amatlah besar.

Tertekan Karena rasa bersalah yang selalu di pikirkan, trauma mungkin, perasaan takut bila menghadapi hal yang sama. Menyalahkan diri sendiri, menyalahkan orang lain, menyakiti diri sendiri, tidak memiliki semangat hidup, dan timbul berbagai penyakit hubungan sosial yang rusak.

Jangan salahkan bila teman-teman dan lingkungan sekitar menjauh darimu. Karena memang menurut Mario Teguh, "orang-orang yang hidup dalam penyesalan tentang masa lalunya itu tidak menarik menjadi teman seperjalanan menuju masa depan".

Penyesalan memang datang selalu di belakang. Tetapi menyesali peristiwa yang sudah terjadi dan tidak bisa diulang lagi sangatlah sia-sia. 

Cara untuk mengatasi penyesalan adalah berani menghadapi kenyataan dengan sikap optimis dan berpikir positif. Bebaskan diimu dari rasa bersalah berkepanjangan di masa lalu.

Masa lalu tidak bisa kita ubah, jangan hidup di masa sekarang hanya untuk menyesali masa lalu. Kenapa kaca mobil untuk melihat ke depan lebih besar daripada kaca spion yang untuk melihat kebelakang? karena masa depan lebih besar dari pada masa lalu kita.

Masa depan lebih penting dari pada masa lalu kita. Bebaskan dirimu dari rasa bersalah. Bebaskan dirimu dari belenggu kesalahan masa lalu. Bebaskan diri dari ikatan penyesalan. Milikilah keberanian untuk mengambil arah baru dan hentikan hal-hal yang merugikan diri sendiri.

Jangan ulangi kesalahan yang sama, berdamailah dengan diri sendiri. Bebaskan cengkraman ikatan emosional masa lalu yang membebani dan menyiksa dirimu. Haii, yakini dan miliki percaya diri bahwa kita mampu mengatasi situasi serta yakin mampu menghadapi tantangan hidup dimasa yang akan datang.

Hindari orang-orang yang hanya meracuni anda saja. Yang hanya membuat hidup kita menjadi pasif. Sebaliknya bergaulah dengan orang-orang yang berpikir positif, optimis, dan selalu memberi semangat. Sehingga hidup menjadi termotivasi, percaya diri dan bahagia.

Yakinilah satu hal bahwa masalah apapun pasti akan ada ujungnya. Dekatkan diri pada Allah SWT dan mohon pengampunannya. Hentikan rasa bersalah berkepanjangan yang ada dibenakmu sehingga jiwa kita menjadi tenang. Jadilah penyesalan itu sebagai pembelajaran hidup. 

Hal yang harus diingat ialah ketika pernah mengalami masa lalu yang tidak diinginkan jangan patah semangat, tetap berusaha untuk memiliki cita-cita tinggi meraih masa depan yang lebih baik. Jangan sampai masa lalu yang buruk itu datang lagi. Justru jadikan hal tersebut bisa menjadi pelajaran dan cambukan agar lebih giat dan bersemangat untuk meraih masa depan yang cemerlang.

Setiap orang memiliki kesempatan untuk berubah kearah yang lebih baik daripada sebelumnya. Memang tidak mudah untuk melalui fase perubahan diri dari seorang yang buruk menjadi seorang yang lebih baik. Tetapi demi mendapatkan masa depan yang lebih baik kamu tidak perlu mencemaskan masa lalumu.

Melangkahlah dengan hati yang mantap. Tidak perlu kamu memperhatikan setiap orang yang meremehkan dirimu karena suatu kesalahan yang sudah kamu perbuat di masa lalu. Hal yang terpenting adalah kamu sudah menyadari dan mau melakukan perbaikan dari dari kehidupan dimasa lalu. Dan kamu mampu menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

Percayalah bahwa Allah SWT sudah menyiapkan takdir terbaiknya untukmu, dan masa depanmu. Ucapkanlah Alhamdulillah untuk masa lalu kita. Dan Bismillah untuk masa depan kita.

Terima kasih. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.

insyouf.com
insyouf.com Religi dan Motivasi + Wawasan

Posting Komentar untuk "Hentikan Rasa Bersalah Berkepanjangan Pada Dirimu"