Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Sholat Banyak, Rugi Tidak Mau Mengerjakanya

manfaat sholat

  • Sholat Menjauhkan Diri dari Hal Negatif

Seperti yang dijelaskan dalam QS. Al Ankabuut: 45 berikut ini.

… إِنَّ ٱلصَّلَوٰةَ تَنۡهَىٰ عَنِ ٱلۡفَحۡشَآءِ وَٱلۡمُنكَرِۗ … ٤٥

 Artinya:   “…Sesungguhnya sholat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar…” (QS. Al Ankabuut:45)

Ketika kita fokus kepada upaya mendirikan sholat (sekali lagi bukan hanya sekadar mengerjakan) dan menjaga waktu sholat, maka tidak akan ada waktu bagi kita untuk berfikir dan buat negatif. Karena jarak waktu antara sholat dzuhur sampai dengan sholat shubuh dapat dikatakan relatif tidak terlalu lama.

Misal jarak antara sholat shubuh dan dzuhur, waktu tersebut merupakan waktu yang kita gunakan untuk mencari rezeki. Setelah datang waktu dzuhur, kita melakukan sholat dzuhur, kemudian beristirahat, lalu melanjutkan serta menuntaskan pekerjaan sebelumnya yang belum selesai hingga datang waktu sholat.

Jika hal tersebut dilakukan, maka seseorang tidak akan memikirkan urusan dunia, tetapi akan mengutamakan waktu sholat. Ia akan menjadi memiliki pemikiran Sholat Orientation. Sehingga fokus seseorang tidak lagi pada urusan dunia, melainkan kepada sholat. Hal inilah yang mendasari pemikiran bahwa sholat dapat menghindarkan diri dari perbuatan keji dan mungkar.


  • Sholat Menambah Nikmat

Sholat adalah bentuk rasa syukur, seperti yang dijelaskan dalam QS. Al Kautsar: 1–2.

إِنَّآ أَعۡطَيۡنَٰكَ ٱلۡكَوۡثَرَ ١  فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَٱنۡحَرۡ ٢

Artinya:  “Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah sholat karena Tuhanmu dan berkorbanlah.” (QS. Al Kautsar: 1–2)

Isi surat tersebut tentang bagaimana kita mensyukuri nikmat yang sudah diberikan oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Allah subhanahu wa ta’ala menyatakan bahwa nikmat yang telah diberikan itu tidak terhingga. Nikmat yang tidak terhingga harus disyukuri dan bentuk syukurnya telah ditunjukkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala dalam QS. Al Kausar: 1–2 dengan cara melaksanakan sholat. Hal lain untuk menunjukkan rasa syukur selain sholat adalah berbagi.

Jadi bentuk syukur yang diajarkan di sini adalah adanya hubungan vertikal antara manusia dengan Allah subhanahu wa ta’ala dalam bentuk sholat; dan hubungan horizontal dalam bentuk berbagi kepada orang lain, yaitu hubungan manusia dengan manusia. Sehingga setiap aktivitas bersyukur akan menjadikan pertambahan nikmat yang diterima dan setiap sholat yang dilakukan akan dapat menambah setiap kenikmatan yang dapat dirasakan.


  • Sholat Bermanfaat sebagai Sarana Penolong Terhadap Kesulitan Hidup

Berikut ayat yang menjelaskan bahwa sholat dapat menjadi sarana penolong terhadap kesulitan hidup (QS. Al Baqarah: 45).

وَٱسۡتَعِينُواْ بِٱلصَّبۡرِ وَٱلصَّلَوٰةِۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى ٱلۡخَٰشِعِينَ ٤٥

Artinya:  “Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu, dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.” (QS. Al Baqarah: 45)

Manfaat sholat begitu positifnya bagi kita. Kita tidak  hanya dapat mengandalkan diri kita untuk menyelesaikan suatu permasalahan, apalagi mengandalkan orang lain karena orang lain juga mempunyai masalah, orang lain juga makhluk biasa seperti kita. Maka yang dapat kita lakukan adalah meminta pertolongan kepada yang membuat dan menciptakan masalah tersebut untuk kita, yaitu Allah subhanahu wa ta’ala. Sehingga jalan untuk terhindar dari setiap kesulitan itu adalah dengan melakukan sholat.


  • Dengan Sholat Akan Mendapatkan Ampunan dan Pahala yang Besar

QS. Al-Ahzab ayat 35 :

اِنَّ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمٰتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنٰتِ وَالْقٰنِتِيْنَ وَالْقٰنِتٰتِ وَالصّٰدِقِيْنَ وَالصّٰدِقٰتِ وَالصّٰبِرِيْنَ وَالصّٰبِرٰتِ وَالْخٰشِعِيْنَ وَالْخٰشِعٰتِ وَالْمُتَصَدِّقِيْنَ وَالْمُتَصَدِّقٰتِ وَالصَّاۤىِٕمِيْنَ وَالصّٰۤىِٕمٰتِ وَالْحٰفِظِيْنَ فُرُوْجَهُمْ وَالْحٰفِظٰتِ وَالذَّاكِرِيْنَ اللّٰهَ كَثِيْرًا وَّالذَّاكِرٰتِ اَعَدَّ اللّٰهُ لَهُمْ مَّغْفِرَةً وَّاَجْرًا عَظِيْمًا - ٣٥

Sungguh, laki-laki dan perempuan muslim, laki-laki dan perempuan mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.

Jadi, manfaat sholat masih banyak lagi sebenernya. Itu merupakan bukti bahwa sebagai hamba yang lemah kita tidak bisa hanya mengandalkan kekuatan orang lain apalagi diri kita sendiri. Kita butuh adanya ALLAH SWT yang mampu menguatkan, memberikan petunujuk, dan ampunan. ALLAH SWT tidak akan melupakan hambanya, selagi hambanya selalu mengingat dan menjalankan apa yang diperintahkanya.  

insyouf.com
insyouf.com Religi dan Motivasi + Wawasan

Posting Komentar untuk "Manfaat Sholat Banyak, Rugi Tidak Mau Mengerjakanya"