🔔 ikuti juga di Google News

Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar

malam lailatul qadar

Malam Lailatul Qadar

Tanda Tanda Malam Lailatul Qadar - Pertama lailatul qadar terjadi sepanjang malam sejak maghrib hingga subuh. Allah subhanahu wa ta'ala berfirman yang artinya lailatul qadar itu lebih baik dari 1000 bulan pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan, malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar, Quran surat al-qadr ayat 3 sampai 5.


Karena lailatul qadar berada pada rentang dari magrib sampai subuh maka peristiwa apapun yang terjadi sepanjang rentang itu berarti terjadi pada lailatul qadar. Sehingga orang yang salat maghrib di malam itu berarti dia salat magrib ketika Lailatul Qadar. Orang yang salat Isya di malam itu berarti dia salat Isya ketika lailatul qadar. Orang yang salat tarawih di malam itu berarti dia salat tarawih ketika Lailatul Qadar. Orang yang sedekah di malam itu berarti dia sedekah ketika Lailatul Qadar .

Kedua, semua orang yang melakukan ibadah ketika itu berarti dia telah Ibadah di Lailatul Qadar. Besar dan kecil nya pahala yang dia dapatkan tergantung dari kualitas dan kuantitas ibadah yang dia kerjakan di malam itu. Oleh karena itu, sekalipun dia hanya mengerjakan ibadah wajib saja salat maghrib dan isya di malam Lailatul Qadar Ia mendapatkan bagian pahala beribadah di Lailatul Qadar.

Imam Malik meriwayatkan secara balaghan atau tanpa sanad menukil keterangan dari Sa'id bin musayyib, tabiin senior menantu Abu Hurairah tentang orang yang beribadah ketika lailatulkadar bahwa Said bin musayyib pernah mengatakan “ Siapa yang ikut salat Isya berjamaah di Lailatul Qadar berarti dia telah mengambil bagian lailatulkadar”.

Imam Malik Az zarqani menjelaskan dia telah mengambil bagian lailatul qadar. maknanya dia mendapat bagian dari pahala lailatul qadar, Sarah Az zarqani ‘ala muwatha. Ketiga, keterangan di atas bukan mengajak kita untuk bermalas-malasan dalam meraih kemuliaan lailatul qadar. Sebaliknya dengan penjelasan ini diharapkan kaum muslimin semakin optimis dalam mengejar lailatul qadar.

Karena semua orang yang beribadah didalamnya pasti mendapatkannya pahala. Banyak dan sedikitnya tergantung dari kesungguhan dirinya dalam mendekatkan diri kepada Allah. Mereka yang bersungguh-sungguh akan mendapatkan petunjuk sehingga dimudahkan Allah mendapatkan banyak kebaikan di malam itu.

Allah subhanahu wa ta'ala berfirman yang artinya” orang yang bersungguh-sungguh untuk mencari keridhaan kami benar-benar akan kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan kami dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik”, Quran surat al ankabut 69.

Terakhir, keyakinkan bahwa orang yang mendapat Lailatul Qadar akan mengalami kejadian luar biasa adalah keyakinan yang tidak benar. Bukan syarat untuk mendapat Lailatul Qadar harus mengalami kejadian aneh atau kejadian luar biasa. 

Bahkan karena keyakinan ini banyak orang menjadi pesimis dan putus asa untuk beribadah. Karena merasa sudah sering ibadah di malam-malam ganjil namun selama dia beribadah tidak mendapatkan kejadian aneh. Keyakinan ini tidak selayaknya ditanamkan dalam diri kita dan masyarakat sekitar kita. Demikian semoga bermanfaat.
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan memberikan DONASI. Tekan tombol merah.
Religi dan Motivasi + Wawasan

Posting Komentar



  • Home

  • DAFTAR



  • Follow
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kakak pakai plugin pemblokir iklan ya? Tolong kecualikan website ini dalam pemblokiran ya. Karena kami butuh penghasilan dari iklan untuk terus mengelola website ini agar bisa update artikel bermanfaat. Makasih ya 😊
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.
[ ]