🔔 ikuti juga di Google News

Menemukan Bakat Dan Mengembangkanya

menemukan bakat

Menemukan Bakat 

Menemukan Bakat Dan Mengembangkanya - Banyak sekali orang yang merasa bahwa dirinya tidak punya kelebihan. Tidak punya bakat, tidak punya skill intinya selalu memandang remeh dirinya sendiri. Dan orang-orang seperti ini bisa dikatakan adalah orang yang pesimis, tidak yakin terhadap dirinya sendiri.


Bakat adalah kemampuan dasar yang pasti dimiliki oleh semua orang. Namun sayangnya tidak semua orang memahami dirinya sendiri. Sehingga bakat yang sebetulnya ada padanya dianggap tidak ada . Semua bakat sebenarnya tidak serta merta langsung ada. Bakat itu tercipta atas dasar adanya sebuah proses yang terjadi selama kita menjalani kehidupan.

Misalkan anda memiliki suara yang bagus di masa kecil, sering bernyanyi maka bakat bernyanyi itu akan muncul dengan sendirinya. Selanjutnya setelah anda besar anda bergaul dengan banyak teman lalu anda terinspirasi untuk menggambar seperti teman anda. Anda ingin sekali pandai dalam menggambar atau melukis seperti dia namun sayangnya anda tidak mampu. Anda akhirnya mengeluh sambil mengatakan saya tidak punya bakat. Saya tidak punya kemampuan, tapi pernahkah sedikit anda berpikir bahwa anda punya bakat lain yang tidak sama dengan teman anda.

Apa bakat anda itu, bakat itu ialah bernyanyi karena dulu di masa kecil anda sering bernyanyi dan terbukti suara anda bagus maka itu adalah bakat yang mungkin anda lupakan. Jadi seperti itulah gambaran sebuah bakat dalam diri seseorang.

Kita terkadang seolah-olah seperti manusia yang tercipta tanpa kelebihan. Namun tanpa kita sadari bakat kita tidak mungkin sama dengan yang lainnya. Oleh sebab itu, bakat yang muncul sedikit itu harus dilatih. Sehingga nantinya akan mengangkat diri kita menjadi pribadi yang jauh lebih baik.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bakat dalam diri. Yang pertama adalah temukan dulu kelebihan kita. Jadi, langkah paling dasarnya untuk menjadikan bakat kita lebih baik adalah kita harus cari tahu dulu bakat kita itu yang mana. Jangan sampai nanti malah bakat orang lain yang kita kembangkan. Bakat yang sebenarnya tidak ada pada diri kita itu yang kita kembangkan. Jadi betul-betul kita pahami dulu apa bakat kita yang sebenarnya.

Nah selanjutnya yang kedua, jika memang benar kita merasa bahwa kita sudah menemukan bakat kita nih ya. Maka selanjutnya kita coba tanyakan kepada teman terdekat kita apakah bakat itu sesuai dengan diri kita atau tidak. Biasanya teman kita atau orang lain itu bisa melihat mana bakat yang sesuai dengan diri kita.

Yang ketiga adalah melatih bakat itu secara konsisten. Jadi ketika misal kita sudah tahu bakat kita dan kita sudah yakin dengan bakat itu. Sebaiknya kita latih bakat itu menjadi lebih maksimal caranya bagaimana? lakukan repetisi atau pengulangan. Sesuatu yang sering kita lakukan secara berulang maka akan menjadi maksimal.

Katakan saja, misalkan kita memiliki bakat dalam berbicara ya jika seandainya kita terus saja bicara, latihan melakukan komunikasi secara terus-menerus public speaking secara terus-menerus maka itu akan menjadi bakat yang luar biasa. Tidak ada bakat maksimal di dunia ini yang tumbuh secara tiba-tiba. Namun semua itu butuh proses, orang itu harus melakukan repetisi. Orang itu harus mengulang sesuatu itu sehingga menjadi maksimal dan sangat baik.

Selanjutnya yang keempat adalah cintai bakat itu. Ibarat kita jika kita sudah mengerti bakat kita misalnya di bidang A. Ya kita cintai, dengan mencintai kita akan senang melakukannya walaupun dalam kondisi capek, walaupun dalam kondisi galau. Kita akan tetap berusaha melakukannya dengan maksimal.

Yang kelima atau yang terakhir adalah selalu bersyukur akan apa yang kita miliki jika seandainya kita punya bakat. Kita merasa bahwa diri kita punya kemampuan lebih dibanding dengan yang lainnya. Kita wajib bersyukur, karena tidak semua orang mampu memiliki kemampuan seperti itu. Itulah yang akan selalu membuat kita menjadi maksimal semakin hari semakin baik. Karena kita selalu bersyukur akan apa yang sudah kita miliki.
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan memberikan DONASI. Tekan tombol merah.
Religi dan Motivasi + Wawasan

Posting Komentar




  • Home

  • DAFTAR



  • Follow
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.
[ ]