Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rujukan

Pengertian Al-Quran menurut bahasa adalah bacaan atau sesuatu yang dibaca secara berulang.

Sedangkan menurut terminologi, Al-Quran artinya firman Allah SWT yang diturunkan hanya kepada Nabi Muhammad SAW sebagai sebuah mukjizat untuk kemudian disampaikan dengan jalan mutawattir dengan perantaraan malaikat Jibril.

Al Quran adalah kalam Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw. Al Quran diturunkan melalui malaikat Jibril yang dihimpun dalam mushaf yang merupakan mukjizat Nabi Muhammad.

Hal ini sesuai firman Allah dalam Surat Al A'raf ayat 52:

وَلَقَدْ جِئْنٰهُمْ بِكِتٰبٍ فَصَّلْنٰهُ عَلٰى عِلْمٍ هُدًى وَّرَحْمَةً لِّقَوْمٍ يُّؤْمِنُوْنَ - ٥٢

"Sungguh, Kami telah mendatangkan Kitab (Al-Qur'an) kepada mereka, yang Kami jelaskan atas dasar pengetahuan, sebagai petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman."

Hal ini dapat terlihat bagi siapa saja (manusia) yang mengikuti petunjuk Al Quran akan mendapatkan kemuliaan, kejayaan, keselamatan, dan kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat.

Dalam Alquran terdapat banyak ilmu dan juga nasihat-nasihat dalam menjalani kehidupan bagi orang-orang yang bertakwa. Nasihat yang ada di dalam Alquran biasanya juga digambarkan dengan sebuah peristiwa atau kejadian di masa lalu, yang bisa dijadikan pelajaran bagi orang-orang di masa sekarang atau masa setelahnya.

Jaminan balasan dari Allah bagi orang-orang yang membaca dan mempelajari Qur’an, disebutkan dalam surat Al-Isra’ ayat 45 sebagai berikut:

“Dan apabila kamu membaca Alquran niscaya kami adakan antara kamu dan orang-orang yang tidak beriman kepada kehidupan akhirat, suatu dinding yang tertutup” 

Definisi dan pengertian Alquran penting diketahui, terutama bagi Anda yang juga merupakan umat muslim. Alquran sendiri diturunkan secara berangsur-angsur yakni selama 22 tahun 2 bulan serta 22 hari. Alquran memuat aturan-aturan kehidupan manusia di dunia dan bisa dijadikan sebagai petunjuk bagi mereka yang beriman serta bertaqwa.

Selain itu, ada banyak sekali ayat-ayat dalam Al-Quran yang mengandung ilmu pengetahuan dan memberikan keyakinan bahwa Al-Quran benar benar merupakan firman Allah SWT.

Tidak mungkin Al-quran adalah ciptaan manusia, apalagi ciptaan Nabi Muhammad SAW sendiri.

Oleh karena itu insyouf.com menyajikan berbagai topik dalam blog ini berasaskan alquran yang dapat di temukan secara online melalui Al Quran Indonesia