Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sa'id bin Zaid, Menjadi Penyebab Umar Tertarik Masuk Islam

said bin zaid

Nama lengkapnya Sa'id bin Zaid ibn Amr ibn Nufail Al-Qurasyi Al-Adawi,biasa dipanggil Abu A'war. Ia dilahirkan di Makkah tahun 22 sebelum hijrah. Ia adalah sosok sahabat yang terkenal memiliki gagasan-gagasan yang cemerlang, pemberani, tubuhnya tinggi, dan rambutnya lebat.

Ia termasuk orang yang mula-mula masuk Islam dan salah satu di antara sepuluh orang yang diberitakan Nabi  masuk surga. Ia menikah dengan Fatimah binti Al-Khathab, saudara perempuan Umar bin Al-Khathab.Umar ajuga menikah dengan Atikah, saudara perempuan Sa'id ibn Zaid .

Sa'id  adalah faktor yang menyebabkan Umar RA tertarik masuk Islam. Suatu hari, Umar dan isterinya bertamu ke rumah Fatimah, isteri Sa'id ibn Zaid. Saat itu di rumah Fatimah ada Khabab ibn Art. Mereka sedang mempelajari Al-Qur'an bersama-sama. Ketika mereka memberikan mushaf Al-Qur'an kepada Umar a-setelah Umar bersuci-, Umar amembaca mushaf tersebut. Setelah itu, Umar a pergi menemui Nabi dan mengikrarkan diri masuk Islam di hadapan Beliau.

Sebelum perang Badar, Rasulullah mendelegasikannya untuk mengurusi sebuah misi penting ke luar kota Madinah, sehingga ia tidak ikut dalam perang tersebut. Karenanya, Rasulullah tetap memberinya bagian dari hasil rampasan perang Badar. Pasca perang Badar, ia tidak pernah absen mengikuti semua peperangan bersama Rasulullah.

Ia ikut dalam perang Yarmuk, pengepungan kota Damaskus dan pembebasannya. Abu Ubaydah  pernah mengangkatnya sebagai komandan perang di kota Damaskus.

Ia meriwayatkan 48 hadits dari Nabi. Di antaranya, ia berkata, “Aku pernah mendengar Rasulullah bersabda, “Siapa yang mati terbunuh karena membela hartanya, maka ia tergolong mati syahid. Siapa yang mati karena membela agamanya, maka ia tergolong mati syahid. Siapa yang mati karena membela kehormatannya, maka ia tergolong mati syahid. Dan siapa yang mati karena membela keluarganya, maka ia tergolong mati syahid". (HR.At-Tirmidzi)

Ia meninggal di Al-Aqiq, daerah dekat kota Madinah, tahun 51 H,dan jasadnya dimakamkan di kota Madinah.

insyouf.com
insyouf.com Religi dan Motivasi + Wawasan

Posting Komentar untuk "Sa'id bin Zaid, Menjadi Penyebab Umar Tertarik Masuk Islam"