Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Definisi Istihadah dan Perbedaannya dengan Haid serta Definisi Nifas

istihadah haid nifas

Fukaha sepakat bahwa darah haid adalah darah alami, bukan darah yang rusak. Jika darah yang keluar dari vagina wanita tidak alami, dan bukan darah nifas, maka fukaha menyebutnya dengan islihadah."

Musthâdhah adalah wanita yang mengeluarkan darah setelah haid,dengan ciri-ciri yang tidak bisa dikatakan haid. Fukaha men-definisikan istihadah sebagai darah yang kcluar di luar hari-hari haid dan nifas."

Para ulama mazhab Hanbali mendcfinisikannya scbagai darah yang keluar di luar waktunya, karena penyakit atau kerusakan yang terjadi pada urat yang mulutnya terletak di bagian bawah rahim. Urat tersebut dinamakan dengan âdzil."

Dalam rekomendasi Seminar Fikih Kedokteran Ke-3 yang diadakan di Kuwait, disebutkan bahwa semua darah panyakit yang tidak normal adalah istihadah.

Sementara secara medis, istihadah didefinisikan sebagai darah penyakit yang tidak normal dan penycbabnya adalah penyakit yang beragam. Ini sesuai dengan apa yang telah ditetapkan oleh banyak fukaha bahwa semua darah yang tidak alami adalah istihadah."

Fukaha membedakan antara darah haid dan istihadah dengan empat hal:"

Pertama,sumber masing-masing dari keduanya. Sumber darah haid adalah rahim. Ini sesuai dengan definisi darah haid menurut kedokteran yang telah disebutkan. Haid timbul dari kumpulan perubahan siklus yang terjadi pada ovarium (indung telur) dan selaput lendir bagian dalam rahim.

Sedangkan istihadah, sebagian bcsar fukaha menctapkan bahwa dia mengalir dari 'âdzil, yaitu urat yang darahnya mengalir dari bagian bawah rahim, bukan bagian dalamnya. Dengan kata lain, dia keluar dari vagina, bukan dari rahim.

Akan tetapi, pendapat yang mengatakan bahwa darah istihadah tidak keluar dari rahim tidak sepenuhnya benar. Darah istihadah bisa jadi keluar dari bagian bawah rahim, alau dari vagina, alau dari rahim itu sendiri. Yang demikian itu karena rahim kadang terkena penyakit juga, sehingga darah keluar darinya secara terus menerus.

Kedua, darah haid berwana hitam, kental, kotor, dan panas terbakar. Dia memiliki bau yang busuk. Sedangkan darah istihadah biasanya berwarna merah, encer, dan terang. Tapi bisa jadi darah haid berubah menjadi merah, dan darah istihadah berubah menjadi hitam.

Ketiga, pada awal haid, darah haid tidak membeku, bercampur dengan sisa-sisa sel-sel selaput lendir yang terberai, jumlahnya sedikit, dan berbentuk lendir. Sedangkan ketika pengeluaran darah bcrtambah, darah akan membcku dan bisa dibcdakan dengan mudah.

Keempat,darah haid datang pada waktu-waktu yang diketahui. Sedangkan darah istihaduh datang secara terus-menerus sepanjang bulan, atau datang di luar waktu-waktu haid. Al-Harawi dan pakar bahasa lainnya berkata, “Haid adalah darah yang keluar pada waktu-waktunya, setelah wanita balig.Sedangkan istihaduh adalah darah yang keluar bukan pada waktu-waktu tersebut.""


Definisi Nifas

Secara etimologis, nifas (nifâs) berarti kelahiran bayi saat seorang wanita melahirkan. wanita tersebut dinamakan nufasâ'. Dan nafs berarti darah. Dikatakan:Nufisat al-mar'atu,wa nafisat, nafsan wa nafasatan wa nifâsan.

Tsa'lab berkata, “Nufasâ' adalah wanita yang mclahirkan, wanita yang hamil, atau wanita yang haid.""

Dikatakan demikian karena dia diambil dari meluapnya darah pada rahim (tanaffus ur-rahm bi ad-dam), atau dari keluarnya nufs yaitu darah atau anak. Dan semuanya ada."

Dalam terminologi fikih, nifas adalah darah yang dikeluarkan oleh rahim saat melahirkan dan sesudahnya hingga batas waktu yang diketahui. Dia adalah sisa darah yang tertahan selama masa kchamilan karena kchamilan terscbut.

Kebanyakan definisi fukaha terhadap nifas berhenti pada batasan bahwa dia adalah darah yang keluar dari rahim saat me-lahirkan atau sesudahnya.

insyouf.com
insyouf.com Religi dan Motivasi + Wawasan

Posting Komentar untuk " Definisi Istihadah dan Perbedaannya dengan Haid serta Definisi Nifas"