Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tempat Wisata Yogyakarta Dekat Malioboro

tempat wisata dekat malioboro

Yogyakarta pasti udah nggak asing lagi kan di  telinga para sobat insyouf sebagai kota yang masih dipimpin oleh seorang raja dan sangat memegang erat nilai budaya sudah pasti akan menyimpan banyak keunikan di dalamnya. Kalau untuk masalah wisata gak perlu diragukan lagi lah ya. Yuk Langsung aja kita simak artikel tentang wisata  paling hits di sekitar area Malioboro Yogyakarta.


1. Tugu Jogja 

Pada saat liburan ke Jogja belum afdol kalau belum  ke Tugu Jogja. Tugu ini merupakan Landmark dari  kota Jogja sob, apalagi kalian ingin ke kawasan  Tugu Jogja paling tepat adalah malam hari ketika  cuaca sudah tidak panas biar kendaraan lebih  jarang. Tugu Jogja ini boleh dibilang tempat yang  sangat asyik untuk menghabiskan malam bagi para  wisatawan. 

Disini para wisatawan bisa melakukan foto dengan latar belakang Tugu Jogja atau sekedar dudukan di taman yang disediakan.

Selain itu juga banyak kuliner lho di sekitar kawasan Tugu Jogja mulai  dari gudeg, Cafe, angkringan ataupun sekedar minuman ringan semuanya ada disini. 

Lokasi Tugu Yogyakarta  sangat mudah diakses oleh para wisatawan karena   letaknya yang terletak di pusat kota Yogyakarta. Untuk bisa menikmati tugu Jogja Kalian tidak   perlu membayar uang sepeserpun Sob karena tugu ini tidak berada pada arah yang private. Namun, jika kalian menggunakan kendaraan pribadi kalian hanya  perlu membayar uang parkir aja. Nah letak Tugu Jogja sangat strategis sob yaitu terhubung dengan  garis dari titik nol KM Jogja ke sebelah utara. Sehingga sangat mudah untuk menemukan spot wisata  yang satu ini karena letaknya yang strategis.  Pemandangan saat matahari terbit dan matahari  terbenam dapat terlihat mempesona di lokasi ini.


2. Jalan Malioboro

Jalan paling populer yang ada di Jogja yaitu  Jalan Malioboro. Jalan sepanjang dua setengah KM   ini memang tidak pernah dilewati para wisatawan  yang berkunjung ke Yogyakarta. Jalan Malioboro  menjadi pusat oleh-oleh khas Yogyakarta. Di  sepanjang jalan kalian bisa menemukan berbagai suvenir khas seperti batik, kaos, blangkon, sendal  kerajinan tangan, sampai bakpia patok dan yanko yang merupakan jajanan khas Yogyakarta. Ketika sudah  di Jalan Malioboro jangan lupa dicicipi ya makanan sederhana namun nikmat yang terdapat di pinggir  jalan Malioboro ini. 

Banyak juga terdapat delman atau becak yang siap mengantar kalian keliling  sekitar Jalan Malioboro bahkan ada juga yang   menawarkan paket keliling 4 wisata Sob. Dan yang bakal bikin kalian betah di depan ini yaitu selalu Ada alunan gamelan Jawa yang diputar  oleh para seniman jalanan maupun dari kaset.


3. Pasar Beringharjo 

Pusat oleh-oleh Jogjakarta yang lainnya  yaitu Pasar Beringharjo sebuah pasar di daerah Jogja yang merupakan pasar pertama yang  menjual kebutuhan primer sampai tersier seperti   barang-barang Antik. Anda bisa membeli pakaian  batik, dan cinderamata lainnya seperti uang kuno barang antik yang tidak akan ditemukan di pasar  lainnya sob. 

Di Pasar Beringharjo ini dari mulai pintu gerbang utama yang berada tepat di  sisi Selatan Jalan Malioboro Anda akan menemukan pedagang kuliner yang menjajakan kuliner kuliner tradisional. Jika kalian sudah puas untuk menelusuri Pasar Beringharjo kalian dapat keluar  kearah Utara untuk melewati jalan ini yang merupakan Kampung Pecinan Ketandan untuk melihat para  pedagang yang menjual barang-barang unik seperti kaset-kaset dari penyanyi maupun band jaman dulu dan juga barang-barang seperti dupa serta batu-batu kecil yang cukup unik. Pokoknya kalian  bakalan betah deh main-main ke Pasar Beringharjo.


4. Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg merupakan salah satu  wisata edukasi di Yogyakarta. Museum Benteng  Vredeburg menyajikan wisata edukasi berupa  diorama. Wisatawan akan diajak berkeliling 4 diorama yang menyajikan sejarah perjuangan  Indonesia dari masa penjajahan hingga pasca   kemerdekaan. Ada pula foto pahlawan hingga replika  meriam dan replika Tugu Jogja yang bisa dijadikan sport berfoto sob. 

Museum Benteng Vredeburg terletak tidak jauh dari Malioboro dan jadi Nol Kilometer kota Jogja tepatnya terletak  di Jalan Margomulyo no.6 ngupasan Kecamatan gondomanan Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa  Yogyakarta. Selain sebagai wisata edukasi banyak pengunjung datang ke museum Benteng Vredeburg  ini untuk berfoto-foto di berbagai Spot foto. 


5. Nol Kilometer 

Titik nol kilometer ini sebenarnya merupakan  sebuah persimpangan di tengah kota Yogyakarta   yang menjadi favorit wisatawan untuk nongkrong  menjelang malam tiba. Di persimpangan ini bisa dibilang sebagai titik tengah kota Jogja  karena lokasinya yang benar-benar di depan   Keraton Yogyakarta sebagai pendiri daerah  yang istimewa ini. Terdapat diantara Gedung Tua peninggalan Belanda membuat tempat ini  menjadi bernuansa clasik sob. Jika anda sedang berada di Yogyakarta jangan sampai melewatkan  ya untuk mengunjungi dan nongkrong di titik   nol ini. 

Karena ditempat ini kalian bisa melihat  para seniman jalanan yang kerap menggelar konser mininya untuk menemani kalian nongkrong  sob. Selain itu juga kalian bisa menemukan beberapa pedagang makanan kecil yang menjajakan  jualannya dengan berkeliling disekitar area ini.


6. Taman Pintar 

Seperti namanya Taman Pintar merupakan sarana  liburan yang juga sekaligus menawarkan media edukasi. Menjadikan Taman Pintar ini sebagai objek wisata yang cocok untuk berlibur bersama anak. 

Terdapat sembilan wahana di dalam  area wisata Taman Pintar Yogyakarta yang   setiap wahananya mengusung tema dan tujuan  yang berbeda-beda. Tentunya Dengan dibangun teredukasi ya sob. Untuk langsung ke tempat  wisata ini kalian tidak akan dipungut biaya sepeserpun. Namun untuk menikmati wahana-wahana  yang tersedia di dalamnya tentunya kalian akan dikenakan biaya yang bervariasi. T pintar  ini lokasinya dekat dengan Jalan Malioboro dan juga titik nol kilometer. Taman pintar  hanya buka di hari Selasa sampai Minggu aja sob. Jadi, jangan ke sana pada hari Senin karena dilakukan perawatan berbagai alat didalamnya.


7. Keraton Yogyakarta

Kraton Yogyakarta adalah salah satu dari sekian  banyaknya wisata sejarah di Yogyakarta. Kraton ini merupakan Istana Kesultanan ngayogyakarta Hadiningrat yang sebenarnya masih berfungsi menjadi Kompleks tempat tinggal Sultan. Namun sebagian sudah dialihkan menjadi museum peninggalan benda-benda koleksi milik Kesultanan Sob. Jika kalian datang ke Keraton   Yogyakarta kalian akan diperlihatkan beragam  pertunjukan yang berbeda-beda setiap harinya. 

Ada juga terdapat sebuah bangunan dimana kalian  bisa melihat film dokumenter tentang Yogyakarta dengan suasana ala bioskop sob. Tak hanya  itu Keraton Ini juga masih digunakan sebagai   tempat perayaan loh. Beberapa acara tersebut seperti upacara penobatan Sultan, pernikahan putra Sultan atau mengantar jenazah Sultan  ke tempat peristirahatan terakhir. Kalian gak akan kesulitan deh buat mencari Keraton  Yogyakarta, berbekal Google Maps atau dengan bantuan warga lokal kalian akan sampai ke  sana dengan mudah, Keraton Yogyakarta ada di tengah kota soalnya sob dekat dengan  pusat keramaian Jalan Malioboro pastinya.


8. Museum Kereta Kuda Jogja 

Seperti namanya museum kereta kuda Yogyakarta  ini menyimpan beragam koleksi kereta kuda milik Keraton Kesultanan Yogyakarta yang umurnya  mencapai ratusan tahun sob. Ada sekitar 23 koleksi kereta kuda dari sebuah koleksi tersebut. 18 kereta masih dipergunakan untuk kepentingan upacara-upacara kebersamaan keraton. Sosok yang  unik di museum kereta kuda Yogyakarta ini ada sebuah kereta yang dianggap keramat yaitu  kereta Kyai Garuda. Dipercaya keramat maka   kereta ini selalu dimandikan sob setiap satu  tahun sekali pada bulan Syura dan kereta Ini   juga masih sering digunakan sampai sekarang.  

Nah untuk itulah kereta ini menjadikan Salah   satu alasan wisatawan datang ke museum  ini. Tiket untuk masuk ke museum kereta kuda Yogyakarta ini sangat amat murah dan  lokasinya mudah ditemukan karena museum kereta kraton Yogyakarta terletak disebelah  barat bangunan Keraton Yogyakarta atau di bagian barat daya London Utara. Tepatnya  di Jalan rotowijayan Yogyakarta sob.


9. Taman Sari 

Gaya arsitektur yang unik perpaduan antara  arsitektur Jawa dan Portugis ini menjadi daya   tarik tersendiri bagi wisatawan untuk mengunjungi  Taman Sari sob. Meski sudah tidak difungsikan seperti dulu bangunan ini tetap menjadi pilihan  para wisatawan. Taman Sari ini banyak dikunjungi oleh anak muda karena tempat yang instagrameble  banget untuk dijadikan Spot foto. 

Tak sedikit juga lho orang yang melakukan foto prewed di tempat ini. Salah satu arah yang menarik di Taman Sari yaitu gedung Kenongo yang saat ini hanya berupa  puing-puing yang exotic. Gedung ini merupakan tempat   tertinggi dari Kompleks Taman Sari jadi para  wisatawan bisa menyaksikan kota Jogja maupun sunset yang indah dari gedung Kenongo ini. Akses  untuk bisa ke Taman Sari ini juga sangat mudah Sob. Lokasinya berada di dekat alun-alun Selatan Yogyakarta  dan sekitar satu km dari kraton Yogyakarta.


10. Alun-alun Kidul 

Kalau kalian mencari tempat nongkrong di Jogja  saat malam hari selain di Malioboro dan titik nol  kilometer kalian bisa lho berkunjung ke alun-alun Kidul. Disana banyak terdapat pedagang-pedagang kecil yang menjual berbagai macam cemilan dan juga  mainan sob. Kalian bisa menikmati makanan di tengah lapangan alun-alun Kidul dan yang bikin suasana  hidup sambil menikmati cemilan atau menongkrong kalian   akan diiringi lagu oleh para seniman jalanan. Nah yang menarik lagi dari alun-alun ini yaitu pohon beringin ikoniknya yang mengandung mitos. 

Banyak orang yang percaya jika siapapun yang berhasil   berjalan diantara kedua beringin tersebut dengan  mata tertutup maka keinginan dan hajatnya akan terkabul sob. Ritual berjalan diantara Kedua  pohon ini disebut dengan masangin. Meskipun terdengar sangat mudah Namun siapa sangka jika  banyak orang yang gagal ketika mencobanya. 

Meski demikian tak sedikit pula lho yang berhasil setelah mencoba berkali-kali. Di sana mata Kalian juga akan dibuat terpana oleh lampu warna-warni indah yang berasal dari kereta hias. Kereta ini dihiasi beragam rupa dengan keindahannya  masing-masing sob. Jika kalian tertarik untuk mencobanya kalian bisa menyewa kereta hias ini  untuk berkeliling melihat suasana alun-alun Kidul.

Terima kasih telah menyimak dan membaca artikel ini. Jika sobat ada rekomendasi wisata lain atau ingin share pengalaman dari liburan sobat bisa langsung kontak admin di blog ini.

insyouf.com
insyouf.com Religi dan Motivasi + Wawasan

Posting Komentar untuk "10 Tempat Wisata Yogyakarta Dekat Malioboro"