🔔 ikuti juga di Google News

Apa Penyebab, Dampak dan Cara Mengatasi Layangan Putus

layangan putus

Layangan adalah salah satu permainan tradisional yang telah menjadi bagian penting dari budaya di berbagai belahan dunia. Dengan seni membangkitkan layangan ke udara, manusia telah menghubungkan dengan angin dan langit selama berabad-abad. Namun, di tengah keindahan dan kegembiraan yang dibawa oleh aktivitas ini, terdapat pula fenomena yang kurang menyenangkan, yaitu layangan yang putus. Artikel ini akan menjelaskan mengapa layangan bisa putus, dampaknya, serta upaya yang dapat dilakukan untuk mencegahnya.


Mengapa Layangan Bisa Putus?

Layangan adalah konstruksi yang relatif sederhana, terdiri dari rangkaian bahan seperti bambu atau plastik yang dilapisi dengan kertas atau kain tipis. Meskipun terlihat mudah, layangan sebenarnya mengandung berbagai faktor yang mempengaruhi stabilitas dan kekuatannya. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan layangan putus antara lain:

  • Kualitas Bahan

Penggunaan bahan berkualitas rendah atau rusak dapat mengurangi kekuatan layangan, membuatnya lebih rentan terhadap putus.

  • Ukuran dan Bentuk

Desain layangan yang tidak seimbang atau tidak tepat dapat membuatnya sulit dikontrol dan lebih mungkin putus saat terkena angin kencang.

  • Angin Kencang

Angin yang terlalu kuat atau berubah-ubah secara tiba-tiba bisa merobek kertas atau kain layangan, menyebabkan putusnya tali atau penghubung dengan pengendali.

  • Tegangan Tali yang Tidak Merata

Jika tali pengendali tidak diatur dengan benar atau mengalami tegangan yang tidak merata, bisa menyebabkan tekanan berlebih pada bagian-bagian tertentu dari layangan dan akhirnya menyebabkan putus.


Dampak dari Layangan yang Putus

Layangan yang putus dapat memiliki dampak yang merugikan, baik dari segi ekonomi maupun keselamatan. Beberapa dampaknya meliputi:

  • Cedera dan Keselamatan

Layangan yang putus dapat jatuh ke tanah atau jalan raya, berpotensi menyebabkan cedera serius pada orang-orang di bawahnya atau pengguna jalan. Terutama jika layangan tersebut memiliki ukuran yang besar dan terbang dalam angin kencang.

  • Gangguan Lalu Lintas

Jatuhnya layangan yang putus bisa mengganggu lalu lintas udara, seperti di dekat bandara atau area penerbangan.

  • Kerusakan Properti

Layangan yang terlepas dari kendali bisa merusak properti seperti kendaraan, bangunan, atau peralatan lain yang berada di lintasannya.

  • Dampak Lingkungan

Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan layangan yang putus, seperti plastik atau kertas, dapat mencemari lingkungan jika tidak diurus dengan baik.


Upaya Mencegah Layangan Putus

Untuk mencegah terjadinya layangan yang putus dan meminimalkan dampak negatifnya, berbagai tindakan dapat diambil:

  • Pemilihan Bahan Berkualitas

Penggunaan bahan yang kuat dan tahan lama dalam pembuatan layangan akan meningkatkan kestabilan dan mengurangi risiko putus.

  • Desain yang Tepat

Menggunakan desain yang sesuai dengan ukuran dan kondisi angin di lokasi terbang akan membuat layangan lebih stabil dan mudah dikontrol.

  • Pengecekan sebelum Diterbangkan

Memastikan bahwa layangan terbang dalam kondisi yang aman dan tali pengendali tidak terlalu tegang atau kendor dapat membantu mencegah putusnya layangan.

  • Penggunaan Tempat Tertentu

Menggunakan area terbang yang aman dan terbuka, seperti lapangan terbuka atau pantai, akan mengurangi risiko layangan merusak properti atau mengganggu lalu lintas.

  • Pemahaman

Meningkatkan pemahaman masyarakat tentang cara yang aman dan bertanggung jawab dalam terbang layangan dapat mengurangi insiden layangan putus.


Layangan adalah permainan yang mengasyikkan dan mendalam dalam sejarah budaya manusia. Namun, keasyikan ini bisa terganggu oleh fenomena layangan putus, yang dapat memiliki dampak negatif baik dari segi keselamatan maupun lingkungan. Dengan memahami penyebab potensial dari layangan putus dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat, kita dapat tetap menikmati pesona tradisi ini tanpa membahayakan diri sendiri atau orang lain. Sebuah kombinasi antara kreativitas dalam pembuatan layangan dan kesadaran akan tanggung jawab dalam terbang layangan dapat membantu menjaga keselamatan dan integritas aktivitas yang sangat berharga ini.

Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan memberikan DONASI. Tekan tombol merah.
Religi dan Motivasi + Wawasan

2 komentar

  1. Dulu waktu kecil layangan putus dikejar rame2, siapa cepat dia dapat 😆
    1. iya bener bgt wkwkwk


  • Home

  • DAFTAR



  • Follow
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kakak pakai plugin pemblokir iklan ya? Tolong kecualikan website ini dalam pemblokiran ya. Karena kami butuh penghasilan dari iklan untuk terus mengelola website ini agar bisa update artikel bermanfaat. Makasih ya 😊
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.
[ ]