🔔 ikuti juga di Google News

11 Sunah Rasul yang Membawa Manfaat

sunah rasul


Sunah Rasulullah SAW, atau tindakan dan perkataan yang dicontohi oleh Nabi Muhammad, adalah petunjuk hidup bagi umat Islam. Keberkahan dan manfaat dari mengikuti sunah Nabi tidak hanya berlaku pada masa lalu, tetapi juga berlaku hingga saat ini. Dalam artikel ini, kami akan menjelajahi 11 sunah rasul yang dapat memberikan manfaat abadi dalam kehidupan sehari-hari.

1. Shalat Tahajjud 

Salah satu sunah penting yang diajarkan oleh Rasulullah adalah shalat tahajjud. Shalat tahajjud dilakukan di tengah malam sebagai bentuk ibadah pribadi. Melaksanakan shalat tahajjud membantu meningkatkan kualitas spiritual, meningkatkan konsentrasi dalam ibadah, dan membawa kedamaian dalam hidup sehari-hari.

2. Puasa Sunnah 

Rasulullah juga mencontohkan puasa sunnah, seperti puasa Senin dan Kamis, puasa Daud, dan puasa pada hari-hari putih. Puasa sunnah ini memberikan manfaat kesehatan, membantu meningkatkan disiplin diri, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

3. Berbuka Puasa dengan Kurma 

Rasulullah menganjurkan untuk berbuka puasa dengan kurma. Kurma mengandung nutrisi yang baik dan memberikan energi yang cukup setelah seharian berpuasa. Menerapkan sunah ini juga menghidupkan tradisi Nabi dan membawa keberkahan dalam hidup kita.

4. Membaca Al-Qur'an Setiap Hari 

Rasulullah sangat menekankan pentingnya membaca Al-Qur'an. Dalam setiap kesempatan, beliau membaca, menghafal, dan mengajarkan ayat-ayat suci Allah SWT. Membaca Al-Qur'an setiap hari membantu meningkatkan pemahaman kita tentang agama, memberikan ketenangan pikiran, dan memperkuat hubungan kita dengan Allah SWT.

5. Makan dan Minum dengan Tangan Kanan 

Salah satu sunah Rasulullah yang sering diabaikan adalah makan dan minum dengan tangan kanan. Rasulullah mengajarkan agar menggunakan tangan kanan sebagai bentuk kesopanan dan menghormati makanan yang dikonsumsi. Tindakan sederhana ini juga dapat meningkatkan kualitas nutrisi dan memperkuat ikatan keluarga saat makan bersama.

6. Senyum dan Berbicara dengan Lembut 

Rasulullah selalu senyum dan berbicara dengan lembut kepada siapa pun yang dia temui. Sunah ini mengajarkan pentingnya memiliki perilaku yang baik dalam berinteraksi dengan orang lain. Senyum dan kata-kata yang lembut mampu menciptakan lingkungan yang harmonis, meredakan ketegangan, dan membantu memperbaiki hubungan sosial.

7. Memberi Sedekah 

Rasulullah adalah teladan sempurna dalam memberikan sedekah kepada kaum miskin dan yang membutuhkan. Sunah memberi sedekah membantu mem

8. Berlaku Adil dalam Segala Aspek Kehidupan 

Rasulullah adalah contoh nyata dari keadilan dalam segala aspek kehidupan. Beliau selalu adil dalam mengambil keputusan, memperlakukan orang lain, dan memenuhi hak-hak setiap individu. Mengikuti sunah ini mengajarkan pentingnya keadilan dalam segala tindakan kita, baik itu dalam keluarga, masyarakat, atau tempat kerja.

9. Menjaga Kebersihan dan Higienis 

Rasulullah sangat menekankan pentingnya menjaga kebersihan dan higienis. Beliau selalu menjaga kebersihan tubuh, lingkungan, dan pakaian. Mengikuti sunah ini membantu kita menjaga kesehatan, mencegah penyakit menular, dan menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman.

10. Berwirausaha dan Mandiri 

Rasulullah adalah seorang pengusaha yang sukses dan mandiri. Beliau mengajarkan umat Islam untuk bekerja keras, mencari nafkah halal, dan mandiri secara finansial. Mengikuti sunah ini membantu kita mengembangkan keterampilan dan potensi kita, mencapai keberhasilan dalam karir, dan memberikan manfaat kepada masyarakat.

11. Memperlakukan Hewan dengan Baik 

Rasulullah mengajarkan kita untuk memperlakukan hewan dengan baik dan penuh kasih sayang. Beliau melarang penyiksaan terhadap hewan, memastikan bahwa mereka diberi makan dengan baik, dan tidak diperlakukan secara tidak manusiawi. Mengikuti sunah ini membantu kita menjaga keseimbangan alam, menunjukkan kepedulian kita terhadap makhluk Allah lainnya, dan menciptakan harmoni antara manusia dan hewan.

11 sunah Rasulullah SAW yang telah kita bahas dalam artikel ini memiliki manfaat abadi dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengikuti sunah-sunah tersebut, kita dapat meningkatkan kualitas hidup spiritual dan sosial, memperkuat hubungan dengan Allah SWT, dan mencapai kesuksesan di dunia dan akhirat. Penting bagi kita sebagai umat Islam untuk mengamalkan sunah-sunah Rasulullah sebagai bentuk penghormatan dan rasa syukur kepada-Nya. Semoga kita dapat mengambil manfaat dari sunah-sunah tersebut dan menjadi teladan yang baik bagi orang lain.


Berikut adalah beberapa hadis yang berkaitan dengan sunah-sunah Rasulullah SAW:

1. Hadis tentang Shalat Tahajjud: "Dari Aisyah RA, dia berkata: "Nabi SAW shalat di dalam rumahku satu belas rakaat pada malam hari. Beliau shalat empat rakaat, maka aku berkata kepadanya, 'Wahai Rasulullah, engkau tidur dan bangun, lalu engkau shalat?' Beliau bersabda, 'Hai Aisyah, jika aku tidur, maka Allah akan memeliharaku untuk mengerjakan shalat.'" (Riwayat Muslim)

2. Hadis tentang Puasa Sunnah: "Dari Abu Hurairah RA, dia berkata: "Rasulullah SAW bersabda, 'Tidaklah Aisyah RA melakukan puasa sunnah, kecuali pada hari-hari yang wajib untuk berpuasa bagi Aisyah RA, yaitu Senin dan Kamis.'" (Riwayat An-Nasa'i)

3. Hadis tentang Membaca Al-Qur'an: "Dari Abdullah bin Amr bin Ash RA, dia berkata: "Rasulullah SAW bersabda, 'Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitabullah, maka dia akan mendapatkan satu kebaikan, dan satu kebaikan itu akan dilipatgandakan menjadi sepuluh kebaikan yang semisal dengannya. Aku tidak mengatakan bahwa Alif Lam Mim itu satu huruf, tetapi Alif itu satu huruf, Lam itu satu huruf, dan Mim itu satu huruf.'" (Riwayat At-Tirmidzi)

4. Hadis tentang Berlaku Adil: "Dari Abu Hurairah RA, dia berkata: "Rasulullah SAW bersabda, 'Berbicaralah dengan adil, meskipun kepada dirimu sendiri.'" (Riwayat Al-Bukhari dan Muslim)

5. Hadis tentang Menjaga Kebersihan: "Dari Abu Malik Al-Ash'ari RA, dia berkata: "Rasulullah SAW bersabda, 'Bersihkanlah dirimu, karena Allah bersih dan mencintai kebersihan.'" (Riwayat Muslim)

6. Hadis tentang Memperlakukan Hewan dengan Baik: "Dari Abdullah bin Umar RA, dia berkata: "Rasulullah SAW melarang menyiksa binatang buruan yang ditangkap." (Riwayat Muslim)

Hadis-hadis tersebut merupakan beberapa contoh dari sunah-sunah Rasulullah SAW yang diajarkan kepada umat Islam. Dalam kehidupan sehari-hari, penting bagi kita untuk mengikuti dan mengamalkan sunah-sunah ini sebagai cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan menjalani kehidupan yang lebih baik sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad.


Sebagai catatan, sunah dalam konteks agama Islam adalah tindakan, perkataan, atau persetujuan yang dilakukan atau diperintahkan oleh Rasulullah SAW sebagai teladan bagi umat Muslim. Berikut adalah beberapa ayat Al-Qur'an yang mencerminkan pentingnya mengikuti sunah Rasulullah:

1. "Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu, yaitu bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah." (QS. Al-Ahzab: 21)

Ayat ini menekankan pentingnya mengambil Rasulullah SAW sebagai teladan yang baik. Mengikuti sunah-sunah beliau adalah cara untuk mendekatkan diri kepada Allah dan mempersiapkan diri untuk kehidupan di akhirat.


2. "Katakanlah: 'Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.' Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS. Ali Imran: 31)

Ayat ini mengajak umat Muslim untuk mengikuti Nabi Muhammad SAW sebagai tanda cinta mereka kepada Allah. Dengan mengikuti sunah rasul, kita dapat memperoleh kasih sayang dan pengampunan Allah SWT.


3. "Dan barangsiapa yang mentaati Allah dan Rasul-Nya, mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah, yaitu para nabi, para shiddiqin (orang-orang yang benar), orang-orang yang mati syahid, dan orang-orang yang saleh, dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya." (QS. An-Nisa: 69)

Ayat ini menekankan bahwa mereka yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya akan menjadi teman terbaik dan akan memperoleh keberkahan dan kebahagiaan di dunia dan akhirat.


4. "Dan barangsiapa yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya, mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang diberi nikmat oleh Allah, yaitu para nabi, orang-orang yang benar, orang-orang yang mati syahid, dan orang-orang yang saleh. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya." (QS. An-Nisa: 69)

Ayat ini menegaskan bahwa mengikuti Rasulullah dan taat kepada-Nya adalah jalan untuk mencapai keberkahan dan kemuliaan di sisi Allah.


Dalam Al-Qur'an, terdapat banyak ayat yang menekankan pentingnya mengikuti sunah rasul sebagai bagian dari ketaatan kepada Allah. Mengamalkan sunah-sunah beliau adalah cara untuk memperoleh keberkahan, pengampunan, dan mendapatkan tempat yang mulia di sisi Allah SWT.

Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan memberikan DONASI. Tekan tombol merah.
Religi dan Motivasi + Wawasan

Posting Komentar



  • Home

  • DAFTAR



  • Follow
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kakak pakai plugin pemblokir iklan ya? Tolong kecualikan website ini dalam pemblokiran ya. Karena kami butuh penghasilan dari iklan untuk terus mengelola website ini agar bisa update artikel bermanfaat. Makasih ya 😊
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.
[ ]