🔔 ikuti juga di Google News

11 Negara Islam Terbesar di Eropa

negara islam terbesar di eropa

Negara Eropa dengan populasi muslim terbesar apa saja ya? Setiap negara ini jumlah muslimnya sampai jutaan ternyata.Bismillah, Assalamualaikum bro,Islam bukanlah agama yang asing di Eropa. Sejarahnya Islam sudah masuk ke Eropa sejak abad 8 masehi selama beberapa abad. Islam pernah berkuasa di wilayah Spanyol Portugal Selatan Italia dan Malta. 

Namun sayang, Islam perlahan menghilang dari wilayah tadi setelah dikuasai oleh orang-orang Katolik sejak abad ke-15. Adapun di Eropa Timur tepatnya di Rusia Islam sudah berjaya sejak 1000 tahun lalu tepatnya di kawasan volga Ural dan kaukasus.

Di Eropa Tenggara terutama di kawasan Balkan menjadi negara Islam terbesar di eropa berikutnya setelah berjaya sejak abad ke-14 dibawa oleh Kesultanan Turki Usmani. Daftar negara Eropa dengan populasi muslim terbesar yang mencapai jutaan.


Jerman

Islam di Jerman telah ada sejak abad ke-17. Ssaat ini lima hingga sepuluh persen penduduk Jerman adalah muslim atau sekitar lima juta orang. Hal ini menjadikan Jerman sebagai saudara kedua setelah Perancis dengan jumlah muslim terbanyak diantara anggota Uni Eropa.

Ada ribuan bangsa Jerman yang menjadi mualaf dan menganut agama Islam. Namun Mayoritas penduduk muslim Jerman adalah keturunan imigran terutama keturunan migran generasi kedua atau ketiga dari Turki atau Eropa Tenggara atau wilayah Balkan.

Islam bukanlah agama yang asing bagi Jerman karena dalam sejarahnya Jerman menjalin hubungan yang sangat dekat dengan ke kaisaran Turki Usmani sejak abad ke 18. Bahkan Jerman pernah mempunyai unit muslim dari tentara mereka yang disebut sebagai penunggang muslim. Di era modern Jerman termasuk negara paling terbuka terhadap para imigran dan pengungsi muslim dari wilayah konflik. 


Turki 

Turki memiliki sekitar 80 juta orang Islam. Itu setara dengan lebih dari 90% penduduk mereka adalah penduduk asli Turki dan sekitar 80% diantaranya adalah kaum Sunni ahlussunnah Waljamaah, sisanya adalah orang-orang Syi'ah dan alawiyin.

Sayangnya setelah Kerajaan Turki Usmani runtuh pada awal abad ke-20 Turki menjadi negara republik yang menganut paham sekuler secara ekstrim. Banyak Madrasah ditutup lembaga islam dilarang, hingga adzan hanya boleh dikumandangkan dalam bahasa Turki.

Berpuluh tahun umat Islam di Turki berusaha memperjuangkan kebebasan beragama mereka. Dan alhamdulillah sejak tahun 2000-an terutama setelah dipimpin oleh Recep Tayyip Erdogan sistem politik Turki bergerak menuju sistem yang dibentuk oleh ide Islam. Masyarakat Turki mulai kembali bersemangat menerapkan ajaran Islam dalam kehidupan mereka.


Rusia

Islam adalah agama terbesar kedua di Rusia yang sudah datang sejak lebih dari 1000 tahun lalu. Sekitar 20% penduduk Rusia adalah umat Islam atau setara dengan 21 hingga 28 juta orang. Setelah keruntuhan Uni Soviet kehidupan umat Islam di Rusia semakin membaik semenjak Vladimir Putin menjabat sebagai Presiden Rusia.

Disana muslim Rusia diakui dan beberapa orang muslim diangkat menjadi menteri. Umat Islam di Rusia adalah penduduk pribumi asli, bukan pendatang. Etnis Rusia yang secara tradisional adalah penganut Islam ada banyak misalnya etnis Tatar bashkir Afar adygea balkar  dan banyak lagi. Mereka terutama tinggal di tujuh negara bagian Rusia yang mayoritas muslim seperti tatarstan bashkortostan chatnya dagestan dan beberapa negara bagian di wilayah kaukasus.


Perancis

Perancis adalah negara anggota Uni Eropa yang mempunyai populasi umat Islam terbesar. Sekitar sepuluh persen penduduk Perancis adalah muslim atau setara dengan sekitar lima hingga Enam Juta penduduk. Pada tahun 2020 ada banyak penduduk asli Perancis yang menganut Islam. Namun lebih banyak lagi muslim yang datang dari negara jajahan Perancis seperti Aljazair. Banyak juga pendatang muslim dari Maroko dan Tunisia.

Sejarahnya Perancis sudah bersinggungan dengan umat Islam sejak abad ke-8 masehi. Namun, jumlah muslim terbesar datang ke Perancis pada era modern setelah perang kemerdekaan kolonial negara Perancis menerapkan sekulerisme secara ketat. Akibatnya sebagian muslim terhambat dalam mengamalkan ajaran agamanya. Misalnya adanya larangan jilbab dan burqa di Perancis.


Inggris

Islam adalah agama terbesar kedua di Inggris Mayoritas penduduk muslim Inggris adalah keturunan para pendatang dari negara-negara jajahan Inggris seperti Pakistan, Bangladesh dan India. Pada tahun 2020 jumlah populasi muslim Inggris mencapai enam hingga sepuluh persen penduduk atau sekitar empat hingga lima juta orang.

Agama Islam sangat diterima di Inggris bahkan sejak sejarahnya ada sekitar 14 orang bangsawan Inggris yang beragama Islam, ada belasan orang muslim Inggris yang menjadi anggota parlemen atau bahkan menteri. Pada tahun 2016 kota London dipimpin oleh Walikota yang beragama Islam yakni Sadiq Khan.


Azerbaijan

Adalah negara pecahan Uni Soviet yang merdeka pada tahun 90-an. Sekitar 97 persen penduduk Azerbaijan adalah kaum muslim atau sekitar 9 juta orang. Namun sayang, karena dikuasai oleh rezim komunis selama puluhan tahun mayoritas penduduk negara kaya minyak dan gas alam ini berpola hidup sekuler dan kurang taat kepada ajaran agama Islam.


Italia

Islam bukan agama asing di Italia, sejak abad ke-9 wilayah selatan Italia dan pulau Sisilia Italia telah berdiri kerajaan Islam yang berjaya. Namun pada abad ke-18 dan 19 Islam hampir tidak ada lagi di wilayah ini karena wilayah ini dikuasai oleh Katolik. Walaupun demikian pengaruh Islam sangat terasa di wilayah Italia Selatan dan Sisilia terutama bangunan-bangunan bersejarah, bahasa, ilmu pengetahuan, seni, kuliner dan lain-lain. Pada tahun 2020 jumlah umat Islam di Italia mencapai sekitar 1,6 juta jiwa baik itu orang asli Italia maupun keturunan imigran.


Albania

Negara Islam terbesar di eropa di Semenanjung Balkan ini Islam dianut oleh orang-orang Albania asli sejak zaman Kerajaan Turki Usmani. Islam sempat meredup selama puluhan tahun setelah Albania dikuasai oleh pemerintahan rezim komunis. Namun sejak tahun 1991 rezim komunis tumbang pemerintah mencabut pembatasan pengamalan agama dan Islam kembali berkembang lebih di Albania. Sebuah riset menyatakan 80-an persen penduduk Albania adalah muslim atau mencapai sekitar 2,6 juta jiwa.


Belanda

Pada tahun 2016 jumlah muslim Belanda mencapai empat hingga lima persen dari total populasi atau sekitar 1,2 juta orang selain penduduk asli Belanda ada banyak orang islam. Belanda yang merupakan keturunan dari imigran  yang terbesar adalah keturunan Turki diikuti oleh Maroko, Tunisia, Aljazair dan kemudian Suriname.


Bulgaria

Pada tahun 2020 jumlah umat Islam di Bulgaria mencapai sekitar satu juta. Mereka bukan keturunan imigran tetapi benar-benar penduduk asli Bulgaria. Islam banyak dianut oleh etnis Bulgaria etnis tour etnis romani womack Gypsy dan lain-lain. Islam sudah datang ke Bulgaria sejak berabad-abad lalu karena diperkenalkan oleh Kesultanan Turki Usmani. Namun Islam redup saat Bulgaria dikuasai oleh pemerintahan rezim komunis. 

Setelah rezim komunis jatuh pada tahun 90-an umat Islam di Bulgaria mulai merasakan kembali kebebasan beragama. Masjid-masjid dan madrasah-madrasah kembali dibuka bahkan kaum muslimi Bulgaria mempunyai surat kabar tersendiri yang bernama musulmane. Kini Islam adalah agama terbesar kedua di negara Bulgaria. 


Spanyol

Pada abad ke-8 masehi Spanyol dan sekitarnya dikuasai oleh umat Islam. Islam berjaya membangun peradaban Spanyol selama beberapa abad. Namun sayang, pada abad ke-15 Spanyol dikuasai oleh orang-orang Katolik. Orang-orang Islam Andalusia Spanyol itu pun diusir oleh orang-orang katolik. Bila tidak mau pergi mereka dipaksa masuk Katolik atau bahkan dihukum mati. Pada tahun 2020, Spanyol memiliki populasi muslim sekitar 2 juta orang atau setara dengan empat hingga lima persen total populasi mereka adalah penduduk asli Spanyol dan lebih banyak lagi keturunan imigran terutama dari Maroko, Aljazair, Senegal, Nigeria Pakistan Bangladesh dan lain-lain.

Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan memberikan DONASI. Tekan tombol merah.
Religi dan Motivasi + Wawasan

Posting Komentar



  • Home

  • DAFTAR



  • Follow
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kakak pakai plugin pemblokir iklan ya? Tolong kecualikan website ini dalam pemblokiran ya. Karena kami butuh penghasilan dari iklan untuk terus mengelola website ini agar bisa update artikel bermanfaat. Makasih ya 😊
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.
[ ]