🔔 ikuti juga di Google News

Kumpulan Doa Setelah Sholat Dhuha untuk Memohon Rezeki dan Kemudahan dalam Hidup

doa setelah sholat dhuha

Sholat Dhuha adalah salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Ibadah ini dilakukan pada waktu antara terbitnya matahari hingga sebelum masuk waktu sholat Dzuhur. Selain memberikan banyak manfaat spiritual, sholat Dhuha juga memberikan kesempatan bagi umat Muslim untuk berkomunikasi dengan Allah SWT. Setelah menyelesaikan ibadah ini, sebaiknya kita menyempatkan diri untuk berdoa. Doa setelah sholat Dhuha memiliki keistimewaan tersendiri dan dapat membawa berkah serta keberkahan dalam hidup kita. Artikel ini akan membahas mengenai doa setelah sholat Dhuha dan makna pentingnya dalam kehidupan sehari-hari.

Doa setelah sholat Dhuha adalah momen yang tepat untuk memohon ampunan, rahmat, serta berkah dari Allah SWT. Dalam doa tersebut, kita dapat menyampaikan harapan dan keinginan kita kepada-Nya. Meskipun doa adalah ungkapan kehendak dan keinginan manusia, namun kita perlu mengingat bahwa kehendak Allah SWT adalah yang terbaik bagi kita. Oleh karena itu, doa setelah sholat Dhuha juga berfungsi sebagai wadah untuk menerima takdir Allah dengan tawakal.


Doa yang bisa dibaca setelah sholat Dhuha adalah doa sebagai berikut:

"Allahumma innadz dzuhawwa adz dhuhawwa barokatal dzuhawwa wa athmatad dzuhawwa wa thahaabatil 'uruwatad dzuhawwa wa tasminnat dzuhawwa wa khotimatsu sholaawati 'ala muhammadin wa aalihi washobihi ajma'in."

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keberkahan dhuha adalah keberkahan-Mu, keindahan dhuha adalah keindahan-Mu, kekuatan dhuha adalah kekuatan-Mu, kelurusan dhuha adalah kelurusan-Mu, dan akhir dari segala doa adalah shalawat untuk Nabi Muhammad serta keluarga dan sahabatnya."

Dapat juga menggunaan doa dibawah ini,

"Allahumma innad dhuha-a dhuha-uka, wal baha-a baha-uka, wal jamala jamaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrota qudrotuka, wal 'ismata 'ismatuka. Allahumma in kana rizqi fis sama-i fa-anzilhu, wa in kana fil ardhi fa akhrijhu, wa in kana mu’assaron fa yassirhu, wa in kana haroman fathohhirhu, wa in kana ba’idan faqorribhu, bihaqqi dhuha-ika, wa baha-ika, wa jamalika, wa quwwatika, wa qudrotika, aatini ma atayta 'ibadakas sholihin".

Artinya :

"Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu Dhuha adalah waktu Dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, dan kekuasaan adalah kekuasaan-Mu serta penjagaan adalah penjagaan-Mu. Ya Allah, jika rizqiku masih di atas langit, turunkanlah dan jika ada di dalam bumi, keluarkanlah. Jika sukar mudahkanlah, jika haram sucikanlah, jika masih jauh dekatkanlah, berkat waktu Dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaan-Mu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hamba-Mu yang saleh."

Doa ini mengandung makna yang mendalam. Dalam setiap kata yang diucapkan, kita mengakui bahwa segala sesuatu yang baik datang dari Allah SWT. Waktu sholat Dhuha dipandang sebagai waktu keberkahan dan waktu di mana Allah melimpahkan rahmat-Nya kepada hamba-Nya. Dalam doa ini, kita meminta agar keberkahan, keindahan, dan kekuatan Dhuha menjadi bagian dari hidup kita.

Doa setelah sholat Dhuha juga memberikan dampak positif dalam kehidupan sehari-hari. Ketika kita berdoa dengan sungguh-sungguh dan penuh keikhlasan, hati kita menjadi lebih tenang dan pikiran kita menjadi lebih jernih. Doa merupakan sarana untuk mengungkapkan apa yang ada di dalam hati kita kepada Allah SWT. Dalam keheningan setelah sholat Dhuha

Kita dapat merefleksikan diri, memohon ampunan atas dosa-dosa yang telah kita lakukan, serta meminta petunjuk dan keberkahan-Nya dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Doa setelah sholat Dhuha juga mengajarkan kita tentang tawakal dan kepasrahan kepada Allah SWT. Dalam doa tersebut, kita mengakui bahwa segala yang kita harapkan hanya dapat terwujud dengan izin dan kehendak-Nya. Hal ini mengajarkan kita untuk melepaskan segala kekhawatiran dan kecemasan yang kita alami, dan mengandalkan Allah sebagai satu-satunya penolong dan pembimbing dalam hidup ini.

Selain itu, doa setelah sholat Dhuha juga dapat memperkuat ikatan kita dengan Allah SWT. Ketika kita secara konsisten berdoa setelah menjalankan ibadah ini, kita membentuk kebiasaan yang baik dan memperkuat hubungan spiritual kita dengan Sang Pencipta. Doa menjadi sarana komunikasi yang intens antara hamba dan Tuhannya, mengingatkan kita akan kehadiran Allah dalam setiap aspek kehidupan kita.

Dalam doa setelah sholat Dhuha, kita juga tidak hanya memohon kebaikan untuk diri sendiri, tetapi juga untuk seluruh umat manusia. Doa ini mengajarkan kita untuk menjadi insan yang peduli terhadap orang lain, serta senantiasa memohon kebaikan dan keselamatan bagi semua. Dengan demikian, doa setelah sholat Dhuha juga membentuk sikap kepedulian dan kasih sayang dalam diri kita.

Selain doa yang telah disebutkan sebelumnya, kita juga dapat berdoa dengan menggunakan kata-kata pribadi yang muncul dari dalam hati kita. Doa tidak harus selalu mengikuti format tertentu, tetapi lebih penting lagi adalah kesungguhan hati kita dalam memohon kepada Allah SWT. Kita dapat memohon kesuksesan dalam pekerjaan, kelancaran rezeki, kebahagiaan dalam keluarga, atau apapun yang kita perlukan dalam hidup ini. Namun, kita juga perlu mengingat bahwa doa seharusnya tidak hanya tentang meminta, tetapi juga tentang bersyukur dan memohon ampunan atas dosa-dosa yang telah kita lakukan.

Doa setelah sholat Dhuha adalah momen penting untuk berkomunikasi dengan Allah SWT. Doa ini membawa berkah dan keberkahan dalam kehidupan kita, memberikan ketenangan, kekuatan, dan keikhlasan hati. Melalui doa, kita mengakui bahwa segala yang baik datang dari Allah dan memohon petunjuk serta keberkahan-Nya dalam menjalani kehidupan ini. Doa setelah sholat Dhuha juga memperkuat ikatan spiritual kita dengan Allah, mengajarkan tawakal dan kepedulian terhadap sesama. Mari kita manfaatkan momen setelah sholat Dhuha untuk berdoa dengan penuh kesungguhan, menumbuhkan kebiasaan baik, dan memperoleh berkah serta keberkahan dalam hidup kita.


Beberapa doa lain yang dapat dibaca setelah sholat Dhuha:

1. "Allahumma inni as'aluka rizqan tayyiban wa 'ilman naafi'a wa 'amalan mutaqabbala." (Ya Allah, aku memohon kepada-Mu rezeki yang baik, ilmu yang bermanfaat, dan amal yang diterima)

2. "Allahumma ajirni min an-nar." (Ya Allah, selamatkan aku dari neraka)

3. "Allahumma inni as'aluka minal khairi kullihi, 'ajilihi wa ajilihi, ma 'alamtu minhu wa ma lam a'lam." (Ya Allah, aku memohon kepada-Mu segala kebaikan, baik yang terkabul dengan segera maupun yang ditunda, yang aku ketahui dan yang tidak aku ketahui)

4. "Allahumma a'inni 'ala dhikrika wa syukrika wa husni 'ibadatika." (Ya Allah, tolonglah aku untuk senantiasa mengingat-Mu, bersyukur kepada-Mu, dan beribadah kepada-Mu dengan sebaik-baiknya)

5. "Allahumma inna nas'aluka minal khayri kullihi, 'ajilihi wa ajilihi, ma 'alamtu minhu wa ma lam a'lam, wa na'udzubika minas syarri kullihi, 'ajilihi wa ajilihi, ma 'alamtu minhu wa ma lam a'lam." (Ya Allah, kami memohon kepada-Mu segala kebaikan, baik yang terkabul dengan segera maupun yang ditunda, yang kami ketahui dan yang tidak kami ketahui, dan kami berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan, baik yang terkabul dengan segera maupun yang ditunda, yang kami ketahui dan yang tidak kami ketahui)

6. "Allahumma inni as'aluka hubbaka wa hubba man yuhibbuka wa hubba 'amalin yuqarribuni ila hubbik." (Ya Allah, aku memohon kepada-Mu cinta-Mu, cinta orang-orang yang mencintai-Mu, dan cinta amal perbuatan yang dapat mendekatkan aku kepada-Mu)

7. "Allahumma anta salam, wa minkas salam, tabarakta ya dzal jalali wal ikram." (Ya Allah, Engkau Maha Pemberi Keselamatan, dan dari-Mu datangnya keselamatan. Maha Suci Engkau, wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan)

8. "Allahumma inni a'udzubika min 'ilmin la yanfa'u, wa min qalbin la yakhsha'u, wa min nafsin la tashba'u, wa min da'watin la yusma'u." (Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak takut kepada-Mu, nafsu yang tidak pernah merasa cukup, dan doa yang tidak didengar)

9. "Allahumma inni as'aluka ridhaaka wal jannah, wa a'udzubika min sakhatika wan naar." (Ya Allah, aku memohon ridha-Mu dan surga-Mu, dan aku berlindung kepada-Mu dari kemurkaan-Mu dan api neraka)

10. "Allahumma zayyin qalbi bishukri laka wa husni 'ibadatika." (Ya Allah, hiasilah hatiku dengan rasa syukur kepada-Mu dan kebaikan dalam beribadah kepada-Mu)

11. "Allahumma inni as'aluka shafa'ata nabiyyika Muhammadin salallahu 'alayhi wa sallam." (Ya Allah, aku memohon kepada-Mu untuk mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad salallahu 'alayhi wa sallam)

12. "Allahumma inni as'aluka ilman naafi'an wa rizqan waasi'an wa 'amalan mutaqabbalan." (Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas, dan amal yang diterima)

13. "Allahumma aj'alni min al-mukhlashin, min al-mutaqin, wa min al-mustaghfirin." (Ya Allah, jadikanlah aku termasuk di antara orang-orang yang ikhlas, yang bertakwa, dan yang selalu memohon ampunan-Mu)

14. "Allahumma inni as'aluka al-'afiyah fi dunya wal akhirah." (Ya Allah, aku memohon kepada-Mu keselamatan dan kesejahteraan di dunia dan akhirat)

15. "Allahumma anta al-malikul haqqul mubeen, wa anta 'ala kulli syai'in qadeer." (Ya Allah, Engkaulah Raja yang hak yang nyata, dan Engkau berkuasa atas segala sesuatu)

16. "Allahumma inni a'udzubika min al-faqri wa al-fahshi wa al-marazi." (Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kefakiran, perbuatan keji, dan penyakit)

Semoga contoh-contoh doa ini dapat bermanfaat bagi Anda dalam mengamalkan doa setelah sholat dhuha.

Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan memberikan DONASI. Tekan tombol merah.
Religi dan Motivasi + Wawasan

Posting Komentar



  • Home

  • DAFTAR



  • Follow
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kakak pakai plugin pemblokir iklan ya? Tolong kecualikan website ini dalam pemblokiran ya. Karena kami butuh penghasilan dari iklan untuk terus mengelola website ini agar bisa update artikel bermanfaat. Makasih ya 😊
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.
[ ]