🔔 ikuti juga di Google News

20 Hal yang Dapat Membatalkan Salat, Kamu Perlu Tau!

membatalkan salat

Salat merupakan ibadah yang sangat penting dalam agama Islam. Ibadah ini merupakan sarana utama dalam berkomunikasi dengan Allah SWT dan memperkuat ikatan spiritual antara hamba dan Sang Pencipta. Namun, terdapat beberapa hal yang dapat membatalkan salat. Dalam artikel ini, kita akan membahas 20 hal yang dapat membatalkan salat serta bagaimana menghindarinya agar dapat menjaga kesucian ibadah kita.


1. Hadats Besar 

Hadats besar terjadi ketika seseorang mengeluarkan sesuatu dari saluran kelamin atau ketika ada keluarnya air mani. Hadats besar membatalkan salat dan sebelum seseorang dapat melanjutkan salatnya, dia harus mandi besar terlebih dahulu.

2. Hadats Kecil 

Hadats kecil terjadi ketika seseorang buang angin, kencing, atau keluarnya air mani tanpa melibatkan hubungan seksual. Hadats kecil membatalkan wudhu, dan sebelum melanjutkan salat, seseorang harus berwudhu kembali.

3. Menyengaja Mengubah Urutan Rukun Salat

Urutan rukun salat, seperti rukuk, sujud, dan duduk di antara dua sujud, harus diikuti dengan benar. Jika kita menyengaja mengubah urutan rukun salat, salat kita akan menjadi tidak sah.

4. Keluarnya Cairan dari Tubuh 

Keluar cairan tertentu dari tubuh, seperti urine, feses, atau gas yang tidak bisa dikendalikan, dapat membatalkan salat. Jika hal ini terjadi, kita perlu membersihkan diri dan melakukan wudhu kembali sebelum melanjutkan salat.

5. Hilangnya Kedudukan yang Disyaratkan 

Salat membutuhkan postur dan kedudukan tertentu, seperti berdiri, sujud, dan rukuk. Jika kita kehilangan posisi yang disyaratkan dalam salat, misalnya terjatuh atau terhuyung, maka salat kita menjadi tidak sah.

6. Perbuatan yang Membatalkan Wudhu 

Ada beberapa perbuatan yang dapat membatalkan wudhu, seperti buang air kecil atau besar, tidur nyenyak, atau hilangnya akal sehat. Jika kita melakukan perbuatan-perbuatan ini, maka wudhu kita menjadi tidak sah dan salat harus diulang setelah melakukan wudhu kembali.

7. Hilangnya Khusyuk dan Perhatian 

Salat adalah ibadah yang memerlukan khusyuk dan perhatian penuh. Jika pikiran kita teralihkan atau tidak fokus selama salat, maka ibadah kita tidak akan maksimal. Oleh karena itu, penting untuk menciptakan suasana yang tenang dan memfokuskan pikiran saat melaksanakan salat.

8. Berbicara atau Mengerjakan Sesuatu selain Dalam Salat 

Salat mengharuskan kita untuk menjaga keheningan dan khusyuk. Jika kita berbicara atau mengerjakan sesuatu selain dalam salat, ibadah kita menjadi batal. Oleh karena itu, penting untuk menghindari gangguan dan menjaga konsentrasi selama melaksanakan salat.

9. Berpakaian yang Tidak Pantas 

Salat harus dilakukan dengan berpakaian yang pantas dan sesuai dengan aturan syariat. Jika kita melaksanakan salat dengan pakaian yang tidak layak atau terbuka, maka salat kita tidak sah.

10. Menyentuh Bagian Intim Tanpa Perlindungan 

Menyentuh bagian intim tanpa menggunakan perlindungan, seperti sarung tangan, dapat membatalkan salat. Kita perlu menjaga kebersihan dan menghindari kontak langsung dengan bagian-bagian sensitif tubuh selama melaksanakan salat.

11. Makan atau Minum dengan Sengaja 

Salat harus dilakukan dalam keadaan puasa atau setelah kita menjalani waktu yang cukup sejak makan atau minum terakhir. Jika kita makan atau minum dengan sengaja sebelum salat, ibadah kita menjadi batal.

12. Gangguan dari Makhluk Hidup 

Apabila kita terganggu oleh makhluk hidup, seperti anjing, kucing, atau serangga yang mengganggu salat kita, maka salat kita menjadi tidak sah. Kita perlu menjaga lingkungan sekitar kita agar bebas dari gangguan tersebut.

13. Menjadi Makmum bagi yang Membatalkan Salat 

Jika kita menjadi makmum bagi seseorang yang melakukan hal yang membatalkan salat, salat kita juga akan menjadi tidak sah. Kita perlu memastikan bahwa orang yang kita jadikan imam dalam salat memiliki kondisi yang memenuhi syarat untuk melaksanakan salat dengan benar.

14. Menyia-nyiakan Waktu Salat 

Apabila kita menyia-nyiakan waktu salat, seperti melupakan atau mengabaikan salat dengan sengaja, ibadah kita menjadi batal. Kita perlu menjadikan salat sebagai prioritas utama dalam hidup kita dan tidak mengabaikannya.

15. Menghadap atau Mendirikan Salat di Tempat Terlarang 

Melakukan salat di tempat yang dianggap terlarang atau haram dapat membatalkan salat. Kita perlu memastikan bahwa tempat yang kita pilih untuk melaksanakan salat adalah tempat yang bersih, layak, dan tidak melanggar aturan syariat.

16. Rasa Amarah atau Kesombongan 

Membawa rasa amarah, kesombongan, atau sifat-sifat negatif lainnya ke dalam salat dapat mengganggu kekhusyukan dan membatalkan salat kita. Kita perlu membersihkan hati dan menjaga sikap yang baik sebelum melaksanakan salat.

17. Menyentuh Wanita yang Bukan Mahram

Bagi laki-laki, menyentuh wanita yang bukan mahramnya selama salat dapat membatalkan salat. Kita perlu menjaga jarak dan menghindari kontak fisik yang tidak perlu selama salat.

18. Kurangnya Niat dan Kehendak 

Salat harus dilakukan dengan niat yang tulus dan kehendak yang kuat untuk beribadah kepada Allah. Jika kita melaksanakan salat dengan kurangnya niat dan kehendak yang ikhlas, ibadah kita tidak akan diterima. Oleh karena itu, penting untuk selalu menguatkan niat kita sebelum melaksanakan salat.

19. Mengabaikan Sunnah dan Adab Salat 

Salat tidak hanya tentang menjalankan rukun-rukunnya, tetapi juga tentang mengikuti sunnah dan adab-adab yang dianjurkan dalam agama. Jika kita mengabaikan sunnah dan adab salat, ibadah kita menjadi kurang sempurna. Kita perlu mempelajari dan mengamalkan sunnah-sunnah Rasulullah SAW dalam melaksanakan salat.

20. Tidak Mengucapkan Salam pada Akhir Salat

Salat harus diakhiri dengan mengucapkan salam, yaitu mengucapkan "Assalamu'alaikum warahmatullah" ke kanan dan kiri. Jika kita tidak mengucapkan salam pada akhir salat, salat kita tidak sah.

Dari Aisyah, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Perbanyaklah sujudmu, karena di dalam sujudmu itu terdapat harapan akan dikabulkannya doamu." (HR. Muslim)

Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan memberikan DONASI. Tekan tombol merah.
Religi dan Motivasi + Wawasan

Posting Komentar



  • Home

  • DAFTAR



  • Follow
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kakak pakai plugin pemblokir iklan ya? Tolong kecualikan website ini dalam pemblokiran ya. Karena kami butuh penghasilan dari iklan untuk terus mengelola website ini agar bisa update artikel bermanfaat. Makasih ya 😊
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.
[ ]