Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ya'juj dan Ma'juj : Siapa Sebenarnya Mereka ?

ya'juj ma'juj


Firman Allah SWT, “Hingga apabila dibukakan (tembok) Ya ’juj dan Ma’juj, dan mereka turun dengan cepat dari seluruh tempat yang tinggi. Dan telah dekatlah kedatangan janji yang benar (hari berbangkit), maka tiba-tiba terbelalaklah mata orang- orang yang kafir. (Mereka berkata): ‘Aduhai, celakalah kami, sesungguhnya kami adalah dalam kelalaian tentang ini, bahkan kami adalah orang- orang yang zhalim.” (Al-Anbiya ’: 96-97).

Keluarnya Ya'juj Ma'juj adalah keburukan yang dekat yang telah diperingatkan oleh Rasulullah saw. Dari Zaenab binti Jahsy bahwa Nabi datang kepadanya dengan tergopoh-gopoh. Beliau bersabda, “La ilaha illallah, celaka orang-orang Arab dari keburukan yang telah dekat, pada hari ini benteng Ya’juj Ma’juj dibuka seperti ini. ” Rasulullah melingkarkan ibu jarinya dengan jari telunjuknya. (Muttafaq alaihi, Mukhtashar Shahih al- Bukhari no. 1341, Mukhtashar Shahih Muslim no. 1987).

Ya’juj dan Ma’juj ( يأجوج ومأجوج Yaʾjūj wa-Maʾjūj; Ibrani: גוג ומגוג; Ibrani: Gog dan Magog) adalah dua suku yang akan muncul pada akhir zaman.

Ya’juj Ma’juj juga muncul dalam banyak mitologi dan cerita rakyat di banyak negara, di antaranya adalah legenda rakyat Britania Raya dan Irlandia.


  • Secara Etimologi

Ya’juj dan Ma’juj berasal dari bahasa Arab.

Ya’juj yang berakar kata

“ujaaj”

(أُجَاجٌ) yang berarti mengering kemudian mengeras, dan satu lagi dari kata

“al ajj”

(الْأَجُّ) yang artinya ketika musuh datang dengan cepat sekali, sedangkan Ma`juj berasal dari kata

“maaja”

(مَاجَ) yang berarti goncang.

Sedangkan menurut Abu Hatim, ma’juj berasal dari maaja, yaitu kekacauan.

ma’juj berasal dari mu’juj, yaitu malaja.

Namun, menurut pendapat yang sahih, Ya’juj dan Ma’juj bukan isim musytaq, melainkan isim ‘Ajam dan Laqab (julukan).

Setiap dari akar kata ini memiliki kesesuaian dengan sifat kaum Ya`juj dan Ma`juj tersebut.

Menurut para ulama, jadi Ya’juj dan Ma’juj memiliki arti mengering dan mengeras secara natural dan ketika mereka datang dengan cepat serta tergesa-gesa, membuat keadaan goncang kemudian tidak ada orang yang sanggup menghadapi mereka, maka harus lari dari mereka.

Sifat mereka dikatakan sangat keras, kasar, biadab, sombong, gigih, senang berperang, merampok, membunuh, merusak, memperkosa korbannya dan mereka tidak menyukai umat (bangsa) selain mereka sendiri.

Kesombongan mereka digambarkan dalam sebuah hadits Nabi Muhammad, ketika mereka telah berhasil membunuh seluruh penduduk bumi, maka mereka melemparkan anak panah dan tombak keatas awan, kemudian mereka beranggapan bahwa mereka telah berhasil membunuh penduduk langit (para malaikat), karena anak panah dan tombak mereka kembali dengan berlumuran darah.


  • Secara Genealogi

Ibnu Katsir menerangkan bahwa mereka adalah dari keturunan Adam dari keturunan Nuh, dari anak keturunan Yafits yakni nenek moyang bangsa Turki yang diisolir oleh tembok/benteng tinggi yang dibangun oleh Dzul Qarnain.

Magogh bin Yafet bin Nuh bin Lamik (Lamaka) bin Metusyalih bin Idris bin Yarid bin Mahlail bin Qianan bin Anusy bin Syits bin Adam.


  • Berapa banyak Populasinya hingga di Bentengi?

Ya’juj dan Ma’juj adalah dua bangsa yang sangat besar jumlahnya, perbandingannya adalah 1: 999, antara manusia umumnya dengan Ya’juj dan Ma’juj.

Mereka disebutkan sebagai mayoritas penghuni neraka, dan kedua suku ini disebutkan telah ada dekat pada masa Nabi Musa berdakwah.


Abdullah bin ‘Amr berkata bahwa salah seorang dari mereka tidak akan mati kecuali ia telah memiliki keturunan sejumlah seribu atau lebih.


  • Lokasi

Dalam Surah Al-Kahf bahwa Raja Dzul Qarnain, dalam sebuah perjalanannya sampai disuatu tempat di antara dua gunung.

Dia menemukan suatu kaum yang tidak dikenali bahasanya.

Kaum itu mengadukan kepadanya bahwa ada bahaya mengancam mereka yaitu dari Ya’juj dan Ma’juj dan mereka meminta untuk membangun tembok yang dapat melindungi mereka dari kejahatan Ya’juj dan Ma’juj.

Kemudian Dzul Qarnain memenuhi permintaan mereka.


Menurut Al-Qur’an Ya’juj dan Ma’juj diisolasi di antara dua gunung oleh pasukan Dzul Qarnain beserta kaum yang terpencil yang meminta bantuan kepadanya.

Mereka meminta Dzul Qarnain untuk membuat dinding pembatas, agar kedua suku tersebut tidak keluar dan membuat kekacauan kembali, namun pada akhirnya mereka akan berhasil keluar dari dinding pembatas itu.


  1. Asia Barat


Menurut Asy-Syaikh Abdurrahman As-Sa’di, Ya’juj Ma’juj berada di belakang pegunungan Qoqaz (Kaukasus).

Memang ada yang berpendapat bahwa pegunungan inilah yang merupakan

“benteng”

dimaksud.

Deretan pegunungan ini memanjang tanpa celah dari laut Hitam hingga laut Kaspia sepanjang lebih dari 1.200 km.

Kecuali pada bagian kecil dan sempit yang disebut celah Darial (terletak di negara Georgia) sepanjang kurang lebih 100 meter.

Pada bagian celah itulah diduga penghalang dari Ya`juj dan Ma`juj itu dibangun.


Ada juga yang menyatakan, keberadaan tembok tersebut telah tenggelam dan sampai saat ini berada di Azerbaijan dan Armenia, tepatnya di pegunungan yang sangat dan tinggi serta keras.

Ia berdiri tegak seolah-olah diapit oleh dua buah tembok yang sangat tinggi.

Tempat itu tercantum pada peta-peta Islam ataupun Rusia, terletak di Republik Georgia.


       2. Asia Tengah


Menurut Al-Lajnah Ad-Da`imah, mereka tinggal di benua Asia bagian utara Cina.

Sedangkan menurut Syaikh bin Baz berkata mengenai lokasi, dia menjawab mereka ada di arah timur dan mereka adalah Bangsa At-Turk (Mongol) adalah termasuk kedalam bangsa itu juga.


Abdullah Yusuf Ali dalam tafsir

“The Holy Qur’an”

menuliskan bahwa di distrik Hissar, Uzbekistan, 240 km di sebelah tenggara Bukhara, ada celah sempit di antara gunung-gunung batu.

Letaknya di jalur utama antara Turkestan ke India dengan kordinat 38oN dan 67oE.

Tempat itu kini bernama

“Buzghol-Khana”

dalam bahasa Turki, orang Arabnya menyebutnya dengan nama

“Bab al Hadid”, sedangkan Persia menyebutnya

“Dar-i-Ahani”, dan Cina menamakannya

“Tie-Men-Kuan”

yang semuanya memiliki arti

“Pintu Gerbang Besi”.


Hiouen Tsiang, seorang pengembara Cina pernah melewati pintu berlapis besi itu dalam perjalanannya ke India pada abad ke-7. Tidak jauh dari sana ada sebuah danau yang dinamakan Iskandarkul.

Sallam salah seorang staff peneliti dari kekhalifahan Abassiah yang dipimpin oleh al-Watsiq Billah dan Ibnu Bathuthah menyatakan hal yang sama bahwa lokasi ini diberada di Asia Tengah.


Pada tahun 842 Kekhalifahan Abbasiyah, al-Watsiq Billah, bermimpi bahwa dinding pembatas yang mengurung kedua suku itu hancur, karena mimpi itulah ia mengutus sebuah tim ekspedisi yang dipimpin oleh Sallam salah seorang staff peneliti ke gerbang besi tadi, untuk mengetahui keadaan dinding itu dan lokasinya.

Al-Watsiq menginstruksikan kepada Sallam untuk mencari tahu tentang tembok itu.

Saat itu Sallam ditemani 50 orang.

Penelitian tersebut memakan biaya besar.

Disebutkan dalam Nuzhat al-Musytaq, buku geografi, karya al-Idrisi, Al-Watsiq mengeluarkan biaya 5000 dinar untuk penelitian ini.


Mereka masih mendapati gerbang di antara gunung selebar 137 meter dengan kolom besar di kiri kanan terbuat dari balok-balok besi yang dicor dengan cairan tembaga, tempat bergantung daun pintu raksasa.

Kisah lain menyebutkan Sallam melihat pegunungan yang terpisah oleh lembah.

Luas lembah sekitar 150 meter dan lembah ini ditutup tembok berpintu besi sekitar 50 meter.

Al-Idrisi juga menceritakan bahwa menurut cerita Sallam penduduk di sekitar pegunungan biasanya memukul kunci pintu besi 3 kali dalam sehari.

Setelah itu mereka menempelkan telinganya ke pintu untuk mendengarkan reaksi dari dalam pintu.

Ternyata, mereka mendengar gema teriakan dari dalam.

Hal itu menunjukkan bahwa di dalam pintu betul-betul ada makhluk jenis manusia yang konon Ya’juj dan Ma’juj itu.


Ya’juj dan Ma’juj sering mengganggu, menyerbu, membunuh, suku-suku lain.

Mereka pembuat onar dan sering menghancurkan suatu daerah.

Masyarakat mengadukan kelakuan suku Ya’juj dan Ma’juj kepada Dzul Qarnain.

Dzul Qarnain kemudian menggiring (mengusir) mereka ke sebuah pegunungan, lalu menutupnya dengan tembok dan pintu besi.

Menjelang kiamat nanti, pintu gerbang itu akan berhasil dijebol oleh mereka, kemudian mereka keluar dan membuat onar dunia, sampai mereka bertemu dengan Nabi Isa al-Masih dan umatnya.


Dalam bukunya al-Syarif al-Idrisi juga menuturkan bahwa Sallam pernah bertanya kepada penduduk sekitar pegunungan, apakah ada yang pernah melihat Ya’juj dan Ma’juj.

Mereka mengaku pernah melihat gerombolan orang di atas tembok penutup.

Lalu angin badai bertiup melemparkan mereka.

Penduduk di situ melihat tubuh mereka sangat kecil.

Setelah itu, Sallam pulang melalui Taraz (Kazakhtan), kemudian Samarkand (Uzbekistan), lalu kota Ray (Iran), dan kembali ke istana al-Watsiq di Surra Man Ra’a, Iraq.

Ia kemudian menceritakan dengan detail hasil penelitiannya kepada Khalifah.

Pada Perang Dunia II, konon Winston Churchill, pemimpin Inggris, melihat gerbang besi itu.


Ibnu Bathuthah menuturkan dalam Kitab Rahlat Ibnu Bathuthah pegunungan Ya’juj dan Ma’juj berada sekitar perjalanan 6 hari dari Cina.

Penuturan ini tidak bertentangan dengan al-Syarif al-Idrisi.

Soalnya di sebelah Barat Laut China adalah daerah-daerah Rusia.


  • Kesimpulan

Pertama, bahwa ya'juj dan ma'juj hanya akan keluar di akhir zaman, setelah munculnya Dajjal.

Kedua, benteng itu Allah rahasiakan. Tidak ada satupun manusia yang tahu. Sehingga percuma orang melakukan penelitian untuk mencarinya.

Ketiga, Ya'juj dan Ma'juj keluar sendiri. Setelah benteng itu rusak dengan izin Allah. Mereka bukan dibebaskan oleh masyarakat di sekitarnya.

Keempat, Ya'juj Ma'juj itu manusia, anak keturunan Adam. Berbentuk manusia, bukan makhluk salamander maupun monster.

insyouf.com
insyouf.com Religi dan Motivasi + Wawasan

Posting Komentar untuk "Ya'juj dan Ma'juj : Siapa Sebenarnya Mereka ?"