🔔 ikuti juga di Google News

Menjaga Saudara, Untuk Kakak Beradik

menjaga saudara


Menjaga saudara sangatlah penting, saat kecil ada yang sudah ditakdirkan untuk lahir dengan memiliki kakak atau adik. Ada yang punya banyak saudara, semua harus berbagi dan semua harus bersama. Karena kita tinggal dengan orangtua dengan pendapatan yang dipakai untuk kita semuanya, cukup atau tidak cukup banyak atau sedikit kita menikmati bersama dengan saudara-saudara dan orang tua kita.

Dulu sebesar apapun pertengkaran pasti bisa kita selesaikan. Dan sekecil apapun hal yang kita dapati pasti akan kita syukuri. Kita tetap bersama, ya walaupun berantem hebat sampai pukul-pukulan, lalu rukun kembali dan bermain seperti biasa lagi.

Kita pernah tidak saling sapa selama satu jam lalu setelah itu kita kembali bercanda lagi. Karena, buat kita saudara tetap saudara. Bila satu tidak ada pasti saling cari. Bila ada yang satu sakit di rumah pasti di rumah terasa sepi. Bila ada yang menang lomba atau berprestasi di sekolahnya pasti semua ikut gembira.

Bahkan, kalau kita sama saudara kita usianya agak dekat kadang kita sampai punya baju yang sama. Orangtua berusaha selalu membelikan semuanya serba sama. Iya itu karena kita lahir dari rahim yang sama. Dan dinafkahi dari orangtua yang sama.

Sekarang saat kita besar apakah semuanya masih sama?. Apakah Anda masih ingat dengan saudara anda?. Apakah Anda masih ingat dengan keluargamu?. Apakah masih bisa sempat menanyakan kabar mereka?. Apakah masih bisa saling bantu bila yang lain mendapatkan kesusahan?. Apakah masih sama seperti dulu?.

Kalau masih sama seperti dulu Alhamdulillah.Karena memang seperti itulah seharusnya. Buat apa di hadapan orang lain kita baik, tapi di hadapan keluarga kita sendiri kita tampak asing.

Kalau tidak sama lagi apa masalahnya bisa dibicarakan. Apakah karena tingkat ekonomi yang jauh berbeda?. Apakah karena kamu terlalu sibuk, sehingga saudara-saudaramu sungkan untuk menghubungi kamu. Atau apakah kamu malu untuk menghubungi keluargamu karena hidupmu belum benar.

Hai kawan, walaupun anda lagi berada di masa jayanya, sedang bergelimang harta, sedang jadi pengusaha sukses, sedang begitu banyak aktivitas yang tidak memungkinkan anda untuk bertemu dengan saudara anda.

Ingat, anda tidak boleh melupakan saudara. Tetaplah saudara, saat anda jatuh merekalah yang paling dulu merasa sakitnya. Saat anda sukses merekalah yang lebih merasakan bahagia itu. 

Menjaga saudara, jangan pernah lupakan mereka. Jangan pernah lupa untuk tanya kabar mereka. Jangan pernah ada dalam pikiran anda mereka sombong. Karena tidak pernah menghubungi anda. Karena bisa jadi renggangnya hubungan selama ini itu karena andalah penyebabnya. Saudaramu begitu sungkan untuk menghubungi kamu karena takut mungkin mengganggumu. Karena takut kamu tidak menerima. Atau karena mereka takut kamu akan mengecilkan kehidupan mereka.

Sekali lagi saudara tetap saudara. Kita akan selamanya dalam darah dan ikatan yang sama. Mungkin sekarang dalam segi ekonomi kita sudah berbeda. Tapi saudara yaa tetap saudara. Dimanapun kamu berada sempatkanlah untuk menghubungi saudaramu. Sesibuk apapun pekerjaanmu sempatkanlah untuk menanyakan kabar mereka. 

Kita bisa menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk nongkrong dengan teman-teman. Tentunya kita juga pasti bisa meluangkan waktu meskipun hanya sekitar 10 menit. Untuk sekedar menanyakan kabar mereka.

Jika ekonomimu belum bagus jangan minder. Dia tetap saudaramu, kalau ekonomi mulai bagus jangan sombong, karena mereka tetap saudaramu.  Rezeki itu seperti helikopter, dia bisa mendarat kalau tempat mendaratnya bagus dan baik. Allah senantiasa memberikan lapang rezeki kepada orang-orang yang punya hubungan kekeluargaan bagus, orang tua bagus dan lingkungannya juga bagus. 

Kalau anda belum dilimpahkan rezeki dan anda sudah bekerja keras coba dicek bagaimana hubungan dengan orang tuamu atau dengan saudaramu. Hai mungkin buruknya ekonomimu salah satu faktornya karena hubungan yang tidak baik dengan keluargamu, terutama dengan saudaramu. Kalaupun anda sekarang lagi di titipin rezeki yang melimpah jangan lupa bahwa disitu ada doa-doa orangtuamu dan juga saudaramu yang senantiasa siang malam berdoa supaya anda selalu sehat dan selalu sukses.

Menjaga saudara, sediakan waktu untuk bertemu, bercanda bareng. Kalau memang tidak ada waktu sempatkanlah untuk telepon, sekedar untuk menanyakan kabar mereka. Bila kalian tinggal di kota yang berbeda sisipkanlah doa kepada mereka disetiap sujud kita.

Kakak beradik itu saling percaya dan saling mengagumi. Kakak-beradik itu saling melindungi dan saling memberi contoh. Kakak-beradik itu saling melihat dan saling mendengar. Kakak-beradik itu saling menyayangi dan saling memahami.

Cinta saudara adalah harta yang tidak ternilai untuk kita. Kebahagiaan saudara adalah harapan terbesar kita. Ketahuilah, seburuk apapun kondisi kita, kita tetap dicintai oleh saudara kita. Jagalah saudaramu, insya Allah Tuhan juga akan selalu menjaga hidupmu.

Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan memberikan DONASI. Tekan tombol merah.
Religi dan Motivasi + Wawasan

Posting Komentar



  • Home

  • DAFTAR



  • Follow
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kakak pakai plugin pemblokir iklan ya? Tolong kecualikan website ini dalam pemblokiran ya. Karena kami butuh penghasilan dari iklan untuk terus mengelola website ini agar bisa update artikel bermanfaat. Makasih ya 😊
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.
[ ]