🔔 ikuti juga di Google News

Jangan Ambil Pusing Tentang 5 Hal ini


Jangan Ambil Pusing


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Kita mempunya energi yang terbatas, bahan bakar tenaga kita yang tersisa saat ini bisa difokuskan untuk dua hal; yang pertama, bisa untuk berbuat sesuatu atau yang kedua khawatir terhadap hal tersebut tanpa melakukan apa apa.

Kedua-duanya butuh energi, tapi untuk yang nomor dua sering terpakai tanpa sadar. Epictetus pernah mengatakan "maksimalkan apa yang bisa kamu kendalikan dan terima apapun yang terjadi, beberapa hal tergantung dengan kita dan beberapa hal tidak tergantung dengan kita".

Jika kita tidak sadar bahwa ada hal-hal yang di luar kendali kita. Kita akan memperlakukan semuanya sama. Padahal, energi kita ini terbatas kita perlu membatasi hanya untuk energi-energi yang bisa kita kendalikan yaitu usaha.

Walaupun hasil bukan kita yang menentukan. Jangan habiskan waktu kita, tenaga kita, pikiran kita. Hanya untuk mengkhawatirkan secara berlebihan dengan hasil.

Selain itu, seseorang hanya perlu mengendalikan pikirannya agar bisa merespon segala sesuatu yang di luar kendali dia dengan lebih santai.

Lebih baik memaksimalkan apa yang bisa kita kendalikan dan terima apapun yang terjadi. Karena jika kita ingin merasa bahagia dan damai penting untuk kita mencoba menerima hal-hal yang tidak bisa kita kendalikan.

Artinya ada hal-hal yang harus kita urusi dan ada hal-hal yang tidak usah kita ambil pusing. Berikut jangan ambil pusing tetntang 5 hal ini karena tidak akan ada gunanya.

Yang pertama, presepsi orang terhadap kita. Tanpa sadar terkadang kamu terlalu memikirkan apa yang dipikirkan orang lain terhadapmu. Kamu takut tidak disukai dan dianggap buruk oleh mereka. Padahal sebaik apa pun dirimu akan selalu ada orang yang kontra, akan selalu ada orang yang tidak menyukai kita.

Mungkin entah karena perbedaan sudut pandang, perbedaan tujuan, atau hanya sekedar penyakit hati yaitu iri atau dengki. Cobalah untuk selalu ingat bahwa kamu tidak akan pernah bisa menyenangkan semua orang.

Jadi ada kalanya kamu perlu bersikap bodo amat dengan apa yang mereka pikirkan. Penilaian mereka tentang kamu adalah hak mereka dan bukan urusanmu.

Cobalah untuk selalu bahagia dengan apa yang kamu mau. Bukan atas kemauan orang lain. Postinglah yang kamu sukai tanpa harus ingin mendapatkan like dari orang banyak.

Pakai yang kamu suka tanpa peduli dengan apapun pendapat orang. Lakukan yang kamu sukai bukan yang orang lain suka. Tapi tentunya sesuaikan semua agar sesuai dengan norma-norma agama, adat-istiadat serta lingkungan sosial di tempat kamu berada.

Kedua, sikap mereka terhadap kita. Sikap atau tindakan orang lain terhadapmu juga merupakan hal yang tidak bisa kita kendalikan. Mungkin kamu berpikir bahwa ketika kamu bersikap baik kepada semua orang, maka orangpun akan bersikap baik terhadap kamu juga.

Mungkin kamu akan bertemu dengan satu atau dua orang yang akan membalas kebaikanmu dengan kebaikan juga. Namun tetap saja kamu tidak bisa mengontrol tindakan mereka. Kamu tidak bisa mengendalikan mereka sesuai dengan harapanmu.

Lakukan kebaikan sebanyak mungkin, bukan untuk berharap orang itu akan membalasnya. Tapi berbuat baik itu adalah urusan kita dengan Tuhan.

Kita tidak bisa mengontrol orang lain untuk loyal dan bersikap baik terhadap kita. Mereka bisa saja berpura-pura, mereka bisa saja berkhianat pada kita. Hal tersebut itu tidak bisa kita kendalikan.

Jadi jangan pusing kalau mau berbuat baik. Berbuat baiklah selanjutnya biar Tuhan yang menilai dan menimbang kebaikan kita. Tapi percaya saja bahwa kebaikan akan selalu berbalas dengan hal yang baik juga. 

Selanjutnya, mengenai penampilan, seperti tinggi badan, tipe tubuh dan warna kulit. Penampilan kita seperti tinggi badan kita, tipe tubuh kita, warna kulit kita juga tidak mungkin bisa kita kendalikan.

Kita hanya bisa memaksimalkan kecantikan atau ketampanan kita dengan memilih gaya fashion yang pas, Make up yang sesuai. Dengan merawat tubuh seperti rajin berolahraga, tidur yang cukup atau memakai skin care yang tepat.

Bahkan, terkadang ketika kamu sudah memakai skin care, rajin membersihkan wajah memakai krim malam dan lain-lainnya. 

Namun genetik dan lingkungan membuat wajah kita rentang jerawat. Dan ketika kita sudah berusaha keras mengendalikannya yang ada kita malah makin stress dan hal itu justru bisa memperburuk keadaan serta memicu penyakit yang lainnya.

Jadi tidak perlu kita kendalikan. Yang perlu kita lakukan hanyalah merawat tubuh kita.

Keempat, masa depan percintaan. Hubungan percintaan terjalin oleh dua orang. Bahkan bisa melebar menjadi dua keluarga. Tidak ada yang tahu apa yang terjadi selanjutnya karena kamu pun tidak bisa mengontrol perasaan pasangan.

Wajar jika kita melakukan rencana dan melakukan yang terbaik untuk masa depan bersamanya. Namun, terkadang segala sesuatu tidak berjalan semulus apa yang kita bayangkan. Selalu akan ada perbedaan, selalu akan ada konflik dari sebuah relationship.

Nah, ketika kita beranggapan untuk bahagia dan merasa lengkap. Kita harus menjalin hubungan orang lain. Maka ketika saat itu juga anda akan tergantung pada orang itu. Dan ketika orang itu tidak sesuai dengan harapan kita maka siap-siap kita akan jatuh ke lubang kehancuran.

Bayangkan apa yang terjadi saat dia pergi meninggalkan kita, saat kamu begitu menggantungkan harapan pada dia. Kamu akan sangat kecewa dan bisa-bisa di tingkat yang paling parah kamu akan trauma.

Jadi jangan berharap hal tersebut bisa kita kendalikan. Yang bisa kita lakukan adalah memberi mencintai dan jangan berharap sebaliknya. Agar bila suatu hal terjadi dalam hubungan kita nanti kita akan dengan ikhlas dan cepat untuk melepaskan.

Kelima, masa lalu. Hal-hal yang sudah terlanjur terjadi juga tidak bisa kita ubah dan kita kendalikan. Jika ada kesalahan di masa lalu sebaiknya kamu berusaha untuk berdamai dan memaafkan dirimu.

Hai, jika kamu ingin bahagia. Jangan biarkan masa lalu mengusikmu. Kamu boleh melihat kebelakang tapi jangan pernah membawanya kembali.

Jangan ambil pusing, cobalah untuk fokus menata masa depan. Karena pengalaman-pengalaman pahit di masa lalu bisa kamu jadikan pelajaran untuk membangun masa depan yang lebih baik.

Jadikanlah masa lalu sebagai kenangan terbaik yang nantinya akan membawa kamu ke masa depan yang penuh kemenangan.

Itulah lima hal yang tidak perlu kamu pusingkan, jadi cobalah untuk mengidentifikasi apa saja yang bisa kamu kendalikan dan apa saja yang tidak bisa kamu kendalikan.

Percuma saja jika kamu khawatir terhadap hal yang tidak bisa kamu kendalikan. Iya kan, karena hanya akan mengganggu suasana hati dan membebani pikiranmu.

Terima kasih semoga bermanfaat. wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan memberikan DONASI. Tekan tombol merah.
Religi dan Motivasi + Wawasan

Posting Komentar




  • Home

  • DAFTAR



  • Follow
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.
[ ]