Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kehebatan Qur'an dibanding Kitab Suci Lain

kehebatan alquran

Kehebatan Qur'an 

Kehebatan Qur'an dibanding Kitab Suci Lain - Dalam agama Islam Al-Qur’an telah dikenal sebagai kitab suci umat islam yang ditulis dengan menggunakan bahasa Arab. Namun apabila ada umat islam yang tidak mengetahui kitab sucinya sendiri, maka hal tersebut sangatlah keterlaluan. Berikut kehebatan alquran yang perlu diketahui:

Pertama, mampu mengalahkan keindahan syair-syair Arab. Bangsa Arab memiliki tradisi membuat syair hingga dilombakan. Syair-syair indah akan digantungkan di Ka’bah.

Pada saat Alquran diturunkan, ayat-ayat dalam Alquran mampu mengalahkan syair-syair tersebut. Begitu indahnya Alquran hingga mampu melembutkan dan meluluhkan hati yang keras.

“Keindahan Alquran ini hingga tidak ada orang yang bosan membaca dan mendengarkannya, kecuali orang yang hatinya sudah ditutup Allah,” ucap Prof Kana.

Sahabat Umar bin Khattab adalah orang yang sangat membenci Nabi Muhammad SAW. Bahkan Umar hendak membunuh Nabi Muhammad namun di tengah perjalanan dia bertemu dengan Nuaim bin Abdullah.

Nuaim mengatakan bahwa adik Umar, Fatimah binti Khattab telah menyatakan masuk Islam. Umar semakin marah dan segera ke rumah adiknya.

Sesampainya di rumah Fatimah, Umar mendengarkan Fatimah sedang membaca surat Thaha ayat 1-8. Umar mulai bergetar hatinya hingga akhirnya meluluhkan kerasnya hati itu dan membuat Umar memeluk Islam.

Kedua, kehebatan Alquran mampu mengalahkan sihir. Iblis dan setan senantiasa ingin menggelincirkan umat manusia, agar menjadi pengikutnya. Ketika setan sudah bersemayam dalam diri manusia, maka perilakunya dapat melebihi setan.

Iblis walaupun hafal Alquran, tetapi dia sombong sehingga diusur dari surga. Sihir-sihir yang dibuat setan mampu dikalahkan kehebatan Alquran. Sihir-sihir itu, Rasulullah mengusirnya dengan cara ruqyah.

Ketiga, Alquran hebat karena mampu mengalahkan bahasa ibu. Bahasa ibu adalah bahasa pertama kali yang diajarkan ibu kita sendiri. Dalam sebuah penelitian, anak hingga usia 3 tahun mampu menangkap 1.250 kosa kata dan terus bertambah sebanyak 50 kosa kata setiap bulan. Di usia 8 tahun anak-anak sudah mampu menangkap 3.650 kosa kata.

Sedangkan jumlah kata dalam Alquran ada 77.439 kata. Dan penakluk konstatinopel, Muhammad Sultan Alfatih mampu mengahafal seluruh Alquran diusianya yang masih 8 tahun. “Inilah kehebatan Alquran, yang mampu mengalahkan bahasa manapun,” kata Prof Kana.

“Ingin menjadi generasi hebat, maka hafalkan Alquran. Karena orang yang menghafalkan Alquran biasanya akan mudah menghafalkan yang lainnya,” tambah Prof Kana.

Keempat, Alquran mampu mengalahkan peradaban kehidupan yang lain. Masyarakat jahiliyah jauh dari peradaban maju seperti saat ini. Tetapi setelah Nabi Muhammad datang, dengan berpegang pada Alquran, Nabi Muhammad mengubah zaman jahiliyah tersebut.

Kelima, mampu mengalahkan kejeniusan manusia. Menurut Prof Kana, IQ manusia paling tinggi mencapai 200-250 dan dianggap sangat jenius. Begitu juga dengan teknologi tapi Alquran melebihi itu semua. Sebagaimana dikisahkan dalam Alquran Al-Anbiya ayat 30.

ุฃَูˆَู„َู…ْ ูŠَุฑَ ุงู„َّุฐِูŠู†َ ูƒَูَุฑُูˆุง ุฃَู†َّ ุงู„ุณَّู…َุงูˆَุงุชِ ูˆَุงู„ْุฃَุฑْุถَ ูƒَุงู†َุชَุง ุฑَุชْู‚ًุง ูَูَุชَู‚ْู†َุงู‡ُู…َุง ۖ ูˆَุฌَุนَู„ْู†َุง ู…ِู†َ ุงู„ْู…َุงุกِ ูƒُู„َّ ุดَูŠْุกٍ ุญَูŠٍّ ۖ ุฃَูَู„َุง ูŠُุคْู…ِู†ُูˆู†َ

“Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman.”

Manfaat Membaca dan Mempelajari Qur’an

  • Pahala bagi orang yang anaknya mempelajari al-Quran

ู…َู†ْ ู‚َุฑَุฃَ ุงู„ู‚ُุฑْุขู†َ ูˆَุชَุนَู„َّู…َู‡ُ ูˆَุนَู…ِู„َ ุจِู‡ِ ุฃُู„ุจุณَ ูˆุงู„ِุฏَุงู‡ُ ูŠَูˆْู…َ ุงู„ู‚ِูŠَุงู…َุฉِ ุชَุงุฌَุงً ู…ِู†ْ ู†ُูˆْุฑٍ ุถَูˆْุคُู‡ُ ู…ِุซْู„ُ ุถَูˆْุกِ ุงู„ุดَّู…ْุณِ، ูˆَูŠُูƒْุณَู‰ ูˆَุงู„ِุฏَุงู‡ُ ุญُู„َّุชَูŠู†ِ ู„ุง ูŠَู‚ُูˆู…ُ ู„َู‡ُู…َุง ุงู„ุฏُّู†ูŠุง، ูَูŠَู‚ُูˆْู„ุงู†ِ: ุจู…َ ูƒُุณِูŠْู†َุง ู‡َุฐِู‡ِ؟ ูَูŠُู‚َุงู„ُ: ุจุฃَุฎْุฐِ ูˆَู„َุฏِ ูƒُู…َุง ุงู„ู‚ُุฑْุขู†َ ( ุงู„ุญุงูƒู… )

“Siapa saja membaca al-Quran, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan kepada kedua orangtuanya pada hari kiamat mahkota dari cahaya yang sinarnya bagaikan sinar matahari, dan dikenakan kepada kedua orangtuanya dua perhiasan yang nilainya tidak tertandingi oleh dunia. Keduanya pun bertanya-tanya: “Bagaimana dipakaikan kepada kami semuanya itu?”, Dijawab: “Karena anakmu telah membaca al-Quran”.” (HR. Al-Hakim)

  • Al-Quran memberi syafaat kepada pembacanya di akhirat

Sabda Nabi ๏ทบ :

ุงู‚ْุฑَุกُูˆْุง ุงู„ู‚ُุฑْุขู†َ ูَุฅِู†َّู‡ُ ูŠุฃْุชِูŠ ูŠَูˆْู…َ ุงู„ู‚ِูŠَุงู…َุฉِ ุดَูِูŠْุนًุง ู„ุฃَุตْุญَุงุจู‡ِ

“Bacalah al-Quran, karena ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada para pambacanya.” (HR. Muslim)

Dan sabda Nabi ๏ทบ :

ุงู„ุตِّูŠَุงู…ُ ูˆَ ุงู„ู‚ُุฑْุขู†ُ ูŠَุดْูَุนَุงู†ِ ู„ِู„ุนَุจْุฏِ ูŠَูˆْู…َ ุงู„ู‚ِูŠَุงู…َุฉِ ( ุฃุญู…ุฏ ูˆ ุงู„ุญุงูƒู… )

“Puasa dan al-Quran keduanya akan memberikan syafaat kepada seorang hamba pada hari kiamat.” (HR. Ahmad dan Al-Hakim)

  • Pahala bagi orang yang berkumpul untuk membaca dan mengkajinya

ู…َุง ุงุฌْุชَู…َุนَ ู‚َูˆْู…ٌ ูِูŠ ุจَูŠْุชٍ ู…ِู†ْ ุจُูŠُูˆْุชِ ุงู„ู„ู‡ ุชَุนَุงู„َู‰ ูŠَุชْู„ُูˆْู†َ ูƒِุชَุงุจَู‡ُ ูˆَูŠَุชَุฏَุงุฑَุณُูˆْู†َู‡ُ ุจَูŠْู†َู‡ُู…ْ ุฅู„ุง ู†َุฒَู„َุชْ ุนَู„َูŠْู‡ُู…ُ ุงู„ุณَّูƒِูŠْู†َุฉُ، ูˆَุบَุดِูŠَุชْู‡ُู…ُ ุงู„ุฑَّุญْู…َุฉُ ูˆَุญَูَّุชْู‡ُู…ُ ุงู„ู…ู„ุงุกِูƒَุฉُ ูˆَุฐَูƒَุฑَู‡ُู…ُ ุงู„ู„ู‡ ูِูŠْู…َู†ْ ุนِู†ْุฏَู‡ُ ( ุฃุจูˆ ุฏุงูˆุฏ )

“Tidak berkumpul suatu kaum di salah satu rumah Allah Ta’ala, sedang mereka membaca kitab-Nya dan mengkajinya, melainkan mereka akan dilimpahi ketenangan, dicurahi rahmat, diliputi para malaikat, dan disanjung oleh Allah di hadapan para makhluk yang di sisi-Nya.” (HR. Abu Dawud).

Hamba Allah
Hamba Allah <<<<<<<<< semakin yakin dan semangat >>>>>>>>> I'AM MUSLIM