Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Agama Islam Jujur ! Kebohongan Dalam Agama Islam Tidak Diperbolehkan

agama islam jujur


Agama Islam Jujur ! Kebohongan Dalam Agama Islam Tidak Diperbolehkan - Berbohong merupakan salah satu dosa besar, karena agama islam jujur secara akhlak maupun sikap. Pengertian bohong atau dusta adalah mengatakan sesuatu yang tidak sesuai dengan kenyataannya. Islam sebagai agama yang baik mengajarkan kepada umatnya untuk tidak bohong, Allah memerintahkan manusia untuk berkata jujur di dalam Al-Quran.

Allah SWT berfirman dalam surat At-Taubah ayat 119, “Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah, dan bersamalah kamu dengan orang-orang yang benar (jujur).”

Rasulullah juga menyuruh umatnya berkata jujur karena jujur itu akan menuntun kepada kebajikan.

Rasulullah SAW bersabda, “Hendaklah kalian berkata jujur karena jujur itu menuntun kepada kebajikan dan kebajikan itu menuntun kepada surga. Dan jauhilah oleh kalian dusta karena sesungguhnya dusta itu menuntun kepada kejahatan dan kejahatan itu menuntun kepada neraka,” (Hadist Riwayat Muslim).

Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW Mengajarkan Kejujuran

Oleh karenanya, bersikap jujur serta amanah serharusnya dapat diikuti dan ditiru oleh umat muslim, karena Rasullah SAW yang memberikan contoh secara langsung. Seperti hadits yang diriwayatkan Bukhari yang menjelaskan tentang berperilaku jujur dapat membawa seseorang kepada kebaikan, yaitu:

“Abdullah bin Mas'ud berkata, Rasulullah SAW bersabda, ‘Sesungguhnya jujur akan membawa kepada kebaikan, dan kebaikan akan membawa kepada surga.’ “ (HR Bukhari)

Surga dalam arti di sini bisa saja merupakan rezeki yang berlimpah, berupa harta atau kesehatan yang tiada tara. Bisa juga kenikmatan serta anugerah yang akan Allah SWT turunkan secara langsung kepada manusia yang jujur. Selain itu, balasan tersebut benar-benar berupa surga di akhirat nantinya.

Jujur seharusnya merupakan identitas seluruh umat muslim. Sebab jujur merupakan perilaku Rasulullah SAW, yang bisa dipelajari secara langsung melalui sejarah kehidupan Rasulullah SAW. Selain itu, Allah SWT juga berfirman secara langsung melalui ayat-ayat Al Quran tentang perintah untuk berprilaku jujur, Surat An-Nahl Ayat 105 :

اِنَّمَا يَفْتَرِى الْكَذِبَ الَّذِيْنَ لَا يُؤْمِنُوْنَ بِاٰيٰتِ اللّٰهِۚ وَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْكٰذِبُوْنَ

innamā yaftaril-każiballażīna lā yu`minụna bi`āyātillāh, wa ulā`ika humul-kāżibụn

"Sesungguhnya yang mengada-adakan kebohongan, hanyalah orang yang tidak beriman kepada ayat-ayat Allah, dan mereka itulah pembohong."

Dalam surat An-Nahl Ayat 105 ini, dijelaskan tentang umat muslim yang berdusta adalah orang-orang yang melakukan kebohongan dan tidak memiliki iman kepada Allah SWT.

Hamba Allah
Hamba Allah <<<<<<<<< semakin yakin dan semangat >>>>>>>>> I'AM MUSLIM