Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keutamaan Sholat Dhuha Menurut Beberapa Riwayat

Keutamaan Sholat Dhuha

Keutamaan Sholat Dhuha

Keutamaan Sholat Dhuha Menurut Beberapa Riwayat - Sholat dhuha di pagi hari menjadi rutinitas bagus, apalagi ibadah ini juga dilakukan oleh para sahabat nabi terdahulu. Berikut beberapa riwayat menerangkan apa saja keutamaan sholat dhuha.

Sholat Dhuha Merupakan Salah Satu Wasiat Nabi Muhammad SAW

Sahabat Abu Hurairah radhiallahu Anhu mengatakan,”Nabi Shallallahu alaihi wasallam mewasiatkan kepadaku tiga hal: puasa tiga hari setiap bulan, sholat dhuha 2 rakaat, dan sholat witir sebelum tidur.” Hadits Riwayat Bukhari.

Apakah keutamaan melaksanakan sholat witir, puasa tiga hari setiap bulan dan sholat dhuha. Yakni sama-sama untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah.

Mengganti Sedekah dengan Seluruh Persendian

Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda” pada pagi hari seluruh persendian kalian harus disedekahi. Setiap bacaan tasbih atau Subhanallah disebut sebagai sedekah, setiap bacaan Tahmid atau Alhamdulillah bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahlil atau Lailahaillallah bisa sebagai sedekah, dan setiap bacaan Takbir atau Allahu akbar bisa sebagai sedekah, begitu pula Amar ma'ruf atau mengajak kepada ketaatan dan nahi mungkar melarang dari kemungkaran adalah sedekah, ini semua bisa diwakili dengan melaksanakan sholat dhuha 2 rokaat.” Hadits Riwayat Muslim.

Sholat Dhuha merupakan Kebiasaan Orang yang Suka Bertaubat

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda yang artinya sholatnya orang-orang yang suka bertobat adalah sholat pada saat anak unta kepanasan karena terik matahari.” Hadits Riwayat Muslim.

Jaminan Dipenuhinya Kebutuhan Disore Harinya 

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda Allah ta'ala berfirman yang artinya wahai anak Adam janganlah engkau tinggalkan 4 rokaat sholat diawal siang atau di waktu dhuha maka itu akan mencukupi mu di akhir siang.” hadis riwayat Ahmad.

Mendapat Pahala seperti Orang yang Haji dan Umrah 

Nabi Alaihi Wasallam bersabda yang artinya barangsiapa yang melaksanakan sholat subuh secara berjamaah lalu ia duduk sambil berdzikir pada Allah hingga matahari terbit kemudian melaksanakan sholat dua rakaat, maka ia seperti memperoleh pahala Haji dan umrah. Beliaupun bersabda pahala yang sempurna, sempurna dan sempurna.” hadits riwayat Tirmidzi.

Sholatnya para Awwabin atau Orang yang Kembali Taat

Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda yang artinya tidaklah menjaga salat sunnah dhuha melainkan awwab atau orang yang Kembali taat inilah sholat awwabin.” hadis riwayat Ibnu khuzaimah.

Mendapat Pahala seperti Orang yang Mendapat Banyak Harta Rampasan

Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam mengutus sekelompok pasukan perang kemudian utusan ini membawa banyak harta rampasan perang dan pulangnya cepat, para sahabat berkomentar; Rasulullah kami tidak pernah melihat pasukan yang lebih cepat pulang dan lebih banyak membawa ghonimah melebihi utusan ini. Kemudian beliau menjawab maukah aku sampaikan keadaan yang lebih cepat pulang membawa kemenangan dan lebih banyak membawa harta rampasan perang? yaitu seseorang berwudhu dengan sempurna di rumahnya kemudian pergi ke masjid dan melaksanakan sholat subuh, kemudian tetap di masjid dan diakhiri dengan sholat dhuh,a maka orang ini lebih cepat kembali pulang membawa kemenangan dan lebih banyak harta rampasan perang.” hadis riwayat Abu Ya’la. Semoga Allah memudahkan kita untuk selalu Istiqomah menjalankan ibadah sholat Dhuha.

insyouf.com
insyouf.com Religi dan Motivasi + Wawasan

Posting Komentar untuk "Keutamaan Sholat Dhuha Menurut Beberapa Riwayat"