Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keutamaan Ibadah Salat Tarawih

ibadah salat tarawih

Ibadah Salat Tarawih

Keutamaan Ibadah Salat Tarawih - Salat tarawih merupakan salah satu ibadah dalam Islam. Salat tarawih termasuk qiyamul lail atau salat malam. Akan tetapi salat tarawih dikhususkan hanya di bulan Ramadan. Oleh karenanya salat tarawih disebut juga Qiam Romadhon yaitu salat yang bertujuan menghidupkan malam malam bulan ramadan.


Terdapat beberapa keutamaan salat tarawih, salah satu keutamaan salat tarawih adalah mendapatkan ampunan dosa yang telah lalu. Keutamaan salat tarawih di bulan ramadan sangat besar. Disebutkan dalam sebuah hadis bahwa melakukan salat tarawih akan menghapuskan dosa yang telah lalu.

Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda,”Barangsiapa melakukan qiyamul ramadan karena iman dan mencari pahala maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni”, Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim. Hadits Ini memberitahukan bahwa salat tarawih bisa menggugurkan dosa dengan syarat karena iman yaitu membenarkan pahala yang dijanjikan oleh Allah dan mencari pahala dari Allah bukan karena alasan lainnya.

Kedua, salat tarawih bersama Imam hingga selesai seperti salat malam penuh. Mengapa kita dianjurkan untuk melaksanakan salat tarawih berjamaah. Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda,” Siapa yang salat bersama Imam sampai selesai maka ditulis untuknya pahala qiam satu malam penuh”, Hadits riwayat An Nasa'i dan Tirmidzi. Hadits ini menjadi dalil anjuran agar kaum muslimin mengerjakan salat tarawih secara berjamaah dan mengikuti imam hingga selesai.

Ketiga meningkatkan ketakwaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh pengampunan. Setiap doa diijabah oleh Allah subhanahu wa ta'ala. Dengan melaksanakan salat tarawih setiap malam adalah bentuk ketakwaan seorang hamba kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dan meminta ampunan kepadanya.

Terakhir, mempererat tali silaturahmi antara sesama muslim. Melaksanakan salat tarawih secara berjamaah secara tidak langsung kita juga sedang melakukan amalan yang juga dianjurkan dalam agama Islam yaitu silaturahmi.

Terlebih di bulan romadhon segala amal dan ibadah akan berlipat ganda pahalanya. Tidak terkecuali dengan orang yang menyambung tali silaturahmi Iya kan dilapangkan dan umurnya dipanjangkan. Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda,” Siapa yang suka dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung silaturahmi”, Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim. Semoga kita diberi kekuatan untuk menjalankannya dengan ikhlas.
Hamba Allah
Hamba Allah <<<<<<<<< semakin yakin dan semangat >>>>>>>>> I'AM MUSLIM