Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal yang Membatalkan Puasa Apa Saja

Hal yang Membatalkan Puasa

Hal yang Membatalkan Puasa

Hal yang Membatalkan Puasa Apa Saja - Puasa menjadi salah satu rukun Islam yang wajib dijalankan oleh semua muslim di dunia. Karena hukum membatalkan puasa secara sengaja sangatlah berdosa. Oleh karena itu, sebagai orang muslim, Anda harus tahu dan memperhatikan apa saja hal yang membatalkan puasa di bulan Ramadhan.

Untuk itu, mari simak penjelasan di bawah ini mengenai hal yang membatalkan puasa Ramadhan agar ibadah Anda bisa jadi lebih maksimal.

Rukun Puasa, Apakah Wajib Dijalankan?

Rukun puasa adalah jantung dari pelaksanaan ibadah puasa. Untuk menjalankan ibadah ini, umat muslim harus menjalankan dua rukun puasa.

Dua rukun puasa tersebut adalah membaca niat di malam hari. Karena puasa tanpa disertai niat hukumnya tidak sah jika dilakukan dengan sengaja, kecuali ia lupa. Dan yang kedua menahan diri dari hal yang membatalkan puasa dari saat terbitnya fajar hingga matahari tenggelam.

Syarat Sah Puasa yang Wajib Tepati

Lalu, apa saja syarat sah puasa yang harus Anda jalankan? Berikut adalah syarat sah puasa yang harus ditepati jika ingin menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan.

Beragama Islam

Untuk menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan secara sah, Anda haruslah seorang muslim atau beragama Islam. Ibadah puasa pun dilakukan dengan wajib karena termasuk dari salah satu rukun Islam.

Baligh

Apakah anak yang belum baligh diwajibkan puasa ramadhan. Jika Anda belum mencapai masa baligh, Anda tidak diwajibkan untuk berpuasa terlebih dahulu. Anda diwajibkan puasa ketika sudah mencapai masa baligh dengan ditandainya sudah pernah haid (untuk perempuan) dan mimpi basah (untuk laki-laki). Apakah mimpi basah bisa membatalkan puasa begitu juga dengan haid?. Tentunya beda, untuk haid batal dan untuk mimpi basah ketika puasa tidak.

Berakal

Syarat sah selanjutnya adalah memiliki akal yang sehat. Orang-orang yang mengalami gangguan jiwa tidak diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa.

Sehat

Kesehatan yang prima menjadi syarat sah puasa berikutnya. Jika Anda memiliki riwayat penyakit yang akut dan parah, Anda tidak diwajibkan puasa namun harus menggantinya di lain hari, kecuali jangan hari yang dilarang untuk mengganti puasa ramadhan seprti (jumat saja). Dapat di ganti ketika Anda sudah dinyatakan sembuh dan sehat kembali.

Mampu

Syarat sah selanjutnya adalah Anda mampu menjalankan puasa dari terbitnya fajar saat subuh hingga terbenamnya matahari saat maghrib. Jika Anda adalah lansia atau anak-anak yang belum atau tidak mampu menjalankan puasa, maka Anda boleh meninggalkan puasa.

Tidak dalam Perjalanan

Berpuasa di bulan Ramadhan saat Anda diharuskan untuk pergi suatu tempat yang jarak tempuhnya jauh tidaklah diwajibkan. Anda boleh meninggalkan ibadah puasa dan menggantinya lagi di hari lain saat bulan puasa Ramadhan sudah berlalu.

Suci dari Haid dan Nifas

Bagi Anda yang berjenis kelamin perempuan, Anda tidak diwajibkan dan bahkan tidak diperbolehkan untuk menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan. Namun, hukum mengganti puasa ramadhan karena haid adalah wajib. Anda tetap harus mengganti puasa di kemudian hari saat bulan Ramadhan sudah berlalu.

Ini 5 Hal yang Membatalkan Puasa yang Wajib Anda Ketahui

Setelah mengetahui rukun puasa dan syarat sah puasa, mungkin ada beberapa pertanyaan lanjutan yang muncul di benak Anda.

Pertanyaan itu seperti, apa syarat wajib puasa? Apa saja yang membatalkan puasa? Apa saja hukum yang membatalkan puasa? Apa hal yang bisa mengurangi pahala? Apa saja hal yang batalkan puasa untuk anak?

Silahkan simak baik-baik kumpulan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan berikut di bawah ini dengan seksama.

Ibadah puasa di bulan Ramadhan adalah ibadah wajib yang dijalankan oleh umat muslim di seluruh dunia. Orang awam pasti akan berpikir bahwa hal yang membatalkan puasa adalah dengan minum dan makan secara sengaja.

Namun ternyata, masih ada beberapa hal lain yang dijadikan pantangan ketika menjalankan ibadah puasa, loh! Sebagai umat muslim, wajib bagi Anda mengetahui bahwa menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa termasuk rukun puasa. Mari simak penjelasannya berikut ini.

Hal yang Membatalkan Puasa Menurut 4 Mazhab

Sebelum membahas lebih lanjut tentang apa-apa saja yang membatalkan puasa, apakah Anda sudah mengetahui bahwa ada 4 mazhab dalam Islam sebagai pedoman?

Mazhab adalah pendapat imam tentang hukum yang berlaku dalam agama Islam dan dapat dijadikan pedoman bagi umat muslim. Keempat mazhab ini adalah Mazhab Hanafi, Mazhab Maliki, Mazhab Syafi’i, dan Mazhab Hambali.

Adapun hal yang membatalkan puasa akan dibahas di bawah ini beserta penjelasannya.

Makan Serta Minum dengan Sengaja

Hal yang paling mudah dikenali untuk membatalkan puasa menurut agama Islam makan dan minum yang disengaja atau dilakukan dengan sadar.

Pada dasarnya, dengan memasukkan makanan atau benda ke mulut dan kerongkongan untuk mengisi perut atau menambah tenaga dapat membatalkan puasa Anda. Sebaliknya, jika Anda melakukannya dengan tidak sadar, maka puasa Anda tidak akan batal.

Membangkitkan Nafsu Syahwat Secara Sadar

Apabila Anda sudah menjadi suami atau istri orang lalu melakukan hubungan badan di tengah puasa dengan pasangan Anda, maka secara otomatis puasa Anda akan batal.

Namun, tidak hanya batal puasa saja, Anda juga akan mendapatkan dosa besar karena melakukan hal ini.

Selanjutnya, apakah menonton videoporno18 membatalkan puasa? Jawabannya adalah “iya”. Meskipun Anda tidak melakukan hubungan badan dengan pasangan Anda, menonton video dewasa adalah hal lain yang disengaja untuk membangkitkan syahwat Anda.

Mimpi basah saat puasa apakah batal. Perlu Anda ingat bahwa lendir yang keluar dari kemaluan yang tidak disengaja tidak akan membatalkan puasa Anda. Misalnya jika Anda laki-laki, dan Anda mendapatkan mimpi basah saat puasa apakah membatalkan puasa,tentunya tidak. Sehingga puasa Anda akan tetap sah dan bisa dijalankan.

Muntah dengan Sengaja dan Sadar

Apakah muntah membatalkan puasa ? Muntah yang disengaja ternyata juga bisa membatalkan puasa, loh! Hal ini biasanya dilakukan oleh anak-anak,contoh muntah yang disengaja yakni memasukkan jari atau benda ke dalam tenggorokan agar bisa memuntahkan isi perut.

Harapannya, sebagai orang tua atau orang dewasa, Anda juga menghindari hal ini agar Anda bisa memberikan contoh yang baik kepada anak-anak di sekitar Anda.

4. Menstruasi dan Nifas

Hal yang membatalkan puasa berikutnya, khususnya bagi perempuan adalah menstruasi dan nifas (keluarnya darah setelah dari kemaluan setelah melahirkan). Hal ini karena darah yang keluar saat menstruasi dan nifas merupakan darah kotor dalam Islam.

Keluarnya darah kotor tersebut bertentangan dengan syarat wajib puasa yang mengharuskan tubuh kita dalam keadaan bersih dan suci saat menjalankan ibadah puasa.

Memberikan Obat-Obatan atau Benda Melalui Qubul dan Dubur

Pengobatan medis bahkan bisa menjadi penyebab batalnya puasa Anda jika ada obat yang dimasukkan melalui lubang kemaluan (qubul) dan lubang anus (dubur).

Hal ini karena ada 5 lubang pada tubuh yang dilarang untuk dimasuki oleh benda selama menjalankan ibadah puasa, yakni:

  • Lubang mulut
  • Lubang hidung
  • Lubang telinga
  • Lubang alat kelamin atau kemaluan
  • Lubang dubur atau anus

Penutup

Itulah informasi lengkap mengenai rukun puasa, syarat wajib puasa, hingga hal yang membatalkan puasa di bulan suci Ramadhan ini. Pastikan bahwa Anda sudah mengerti, atau bila perlu mencatat, informasi di atas, ya! Semoga informasi di atas bermanfaat!

insyouf.com
insyouf.com Religi dan Motivasi + Wawasan

Posting Komentar untuk "Hal yang Membatalkan Puasa Apa Saja"