Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berhenti Benci Terhadap Diri Sendiri

benci terhadap diri sendiri

Benci Terhadap Diri Sendiri 

Berhenti Benci Terhadap Diri Sendiri - Sikap membenci diri sendiri yang berlebihan bisa membuat seseorang sulit berkembang karena emosi negatif yang terus terpendam. Ia juga mungkin akan merasa sulit untuk menjalin hubungan dengan orang lain baik itu teman, pasangan atau rekan kerja.


Disamping itu sikap ini juga dapat meningkatkan resiko seseorang untuk melakukan perilaku yang bisa merusak diri sendiri seperti makan berlebihan, mengkonsumsi minuman beralkohol atau menggunakan obat-obat terlarang. Orang yang terlalu membenci dirinya sendiri juga rentan merasa ingin membunuh dirinya.

Agar kamu bisa menghentikan sikap membenci diri sendiri dan terhindar dari bahayanya. Coba yang pertama lawan pola pikir negatif. Rasa benci pada diri sendiri akan terus ada kalau kamu selalu menggunakan pola pikir negatif. Saat pikiran-pikiran negatif muncul cobalah untuk tidak terlalu mengikutinya.

Karena hal tersebut belum tentu tentang kesalahan dan kekurangan kita lho. Ya introspeksi diri itu sangat penting karena dengan introspeksi diri kita berarti mau bertumbuh ke arah yang lebih baik. Tapi jangan pernah terus-menerus menyalahkan diri sendiri karena hal tersebut akan membuat rasa syukur kita tentang diri kita akan terus tergerus.

Daripada membenci diri sendiri cobalah untuk berpikir terbuka dan mencari solusi agar penyebab munculnya perasaan tersebut bisa kita atasi. Manusia itu tempatnya salah, siapa sih manusia di dunia ini yang tidak punya salah. Tapi kesalahan itu jangan sampai membuat diri kita membenci diri kita sendiri.

Anda harus sadar dan bisa melawan pola pikir yang sudah menyakiti diri anda sendiri. Yang kedua cobalah untuk memaafkan. Belajarlah untuk berdamai dengan diri sendiri. Pahamilah bahwa kesalahan yang terjadi bukan merupakan tanda bahwa kamu gagal atau tidak memiliki kemampuan untuk sukses dan bahagia.

Ingatlah tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Perasaan benci terhadap diri sendiri yang dibiarkan bisa membuatmu sulit untuk berkembang. Memang hal ini terasa sulit layaknya cara berhenti mencintai orang yang tidak mencintai kita. Daripada terpaku pada kesulitan itu cobalah untuk move on agar kita dapat mengalihkan perasaan kita kepada hal lain yang lebih baik.

Kalau kamu bisa memaafkan kesalahan orang lain, kalau kamu bisa memaklumi tindakan orang lain , harusnya memaafkan dan memaklumi diri sendiri bisa. Memaafkan dan berdamai dengan diri sendiri adalah salah satu cara kita bisa mensyukuri nikmat dan karunia yang sudah Allah berikan kepada kita.

Yang ketiga belajar mencintai diri sendiri. Daripada terus membenci dan menghakimi diri sendiri. Yuk kita belajar untuk mencintai diri sendiri. Ketika rasa cinta pada diri sendiri itu sudah tumbuh. Kamu akan bisa lebih bersyukur dengan segala yang kamu miliki. Kamu bisa menikmati proses hidup yang kamu jalani dan kamu akan merasa lebih bahagia. Hal ini juga menghindari kenapa teman tiba tiba menjauh.

Bagaimana orang bisa mencintai kita kalau kita tidak bisa mencintai diri kita sendiri. Bagaimana orang bisa sayang kepada kita kalau kita tidak sayang pada diri kita. Mencintai dirimu artinya kamu mencintai sang pencipta. Jadi Insya Allah cinta dan kasih sayang akan mengalir dari orang-orang di sekelilingmu.

Biasakan diri anda untuk melakukan positive self talk. Berguna untuk melatih diri anda agar terbiasa untuk melihat dari sudut pandang yang positif. Positive self talk adalah berdialog dengan diri sendiri menggunakan kata-kata positif. Meski tidak terdengar oleh telinga, hal ini dapat mempengaruhi pikiran, perasaan dan perilaku diri sendiri.

Menjadi salah salah satu tanda kalau kamu membenci diri kamu adalah kamu gampang panas terhadap penilaian orang lain. Ada juga  yang benar-benar memberikan pujian dari lantas kamu jangan langsung menolak atau merasa kamu tidak pantas untuk mendapatkannya. Ucapkanlah terima kasih kepada orang yang melontarkan pujian itu lalu bersyukur akan hal-hal baik yang telah kamu lakukan.

Cara yang baik untuk menghargai dan memotivasi dirimu sendiri yang kelima yaitu tulislah di buku harian, cobalah untuk menulis dalam buku harian tentang emosi yang kamu rasakan. Dari sini kamu mungkin bisa mengidentifikasi kesalahan-kesalahanmu sendiri. Dan kamu akan mencari cara dan strategi yang tepat untuk memperbaikinya. Dengan ini kamu bisa untuk membentuk pola pikir yang lebih baik.

Yang keenam, habiskan waktu bersama orang-orang yang membuatmu bahagia. Hindari untuk terhubung dalam pergaulan yang tidak sehat. Karena dapat terus menumbuhkan perilaku menyimpang. Daripada mengandalkan orang yang tidak bisa menumbuhkan hal positif dalam hidupmu. Cobalah untuk mencari lingkungan baru dan bergaul dengan orang-orang yang bisa menghargai satu sama lain.

Dengan orang-orang yang positif akan membuat kamu akan merasa lebih baik. Dan rasa benci terhadap diri sendiri lambat-laun akan mulai menghilang. Ini juga bisa dilakukan sebagai salah satu ekosistem yang baik untuk kesehatan mental. Selalu dekatkan dirimu kepada yang maha kuasa. Membenci diri sendiri sama saja membenci sang pencipta. Sumber utama dari kebahagiaan adalah selalu bersyukur dengan apa yang diberikan Allah kepada kita.

Tuhan akan memberikan yang terbaik bagi kita dan selalu ada maksud kenapa kita diciptakan? Semakin dekat kita, semakin bersyukur kita, semakin membuat kebencian terhadap diri sendiri itu menjauh dan lama-lama menghilang. Dan berganti dengan rasa syukur dan akhirnya kita bisa bahagia.

Kebencian pada diri sendiri dapat mempengaruhi banyak aspek kehidupan sehari-hari kita. Jadi daripada terus membebani dirimu dengan perasaan itu. Cobalah lakukan cara-cara agar kamu bisa mulai berhenti membenci dirimu sendiri dan lebih mencintai dirimu sendiri.

Pastikan juga untuk selalu menerapkan pola hidup yang sehat agar kesehatan fisik dan mental kamu senantiasa terjaga. Keluar dari kondisi ini memang membutuhkan waktu dan kesabaran. Namun kamu jangan menyerah bila kamu merasa kesulitan.
insyouf.com
insyouf.com Religi dan Motivasi + Wawasan

Posting Komentar untuk "Berhenti Benci Terhadap Diri Sendiri"