Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Adab Sebelum Buka Puasa Ala Nabi

buka puasa ala nabi

Buka Puasa Ala Nabi

Adab Sebelum Buka Puasa Ala Nabi - Sesungguhnya orang yang berpuasa itu aku dikaruniakan Allah dua kegembiraan. Kegembiraan pada saat berbuka puasa, dan kegembiraan pada saat bertemu dengan Tuhannya yaitu dengan mendapatkan surga Allah Subhanahu Wa Ta'ala.


Kita akan merasakan kegembiraan pertama sekarang, dan kita akan merasakan kegembiraan kedua Insya Allah di akhirat nanti. Adab saat berbuka puasa, dengan mengontrol ego dan sifat tamak mu. Itu penting sekali karena tujuan dari pada puasa adalah bagaimana mengontrol makan dan minum. Supaya tidak dikategorikan masuk dalam hadis Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam.” Yaitu tidak ada wadah yang lebih buruk yang diisi oleh anak Adam dibandingkan perutnya”.

Ini bukan ajang balas dendam, ini justru pengontrolan terhadap makanan dan minuman yang dikonsumsi. Didalam adab sebelum buka puasa terdapat sunah yang dapat diamalkan. Sunah nabi Shallallahu Alaihi Wasallam adalah memakan kurma. Kalau ada kurma ruthob dahulukan. Kalau tidak ada, kurma basah atau boleh memakan jenis kurma pada umumnya. Kalau tidak ada boleh mengkonsumsi air terlebih dulu.

 Berarti memang sangat dianjurkan untuk berbuka puasa dengan kurma dulu baru kemudian air . Walaupun anda dalam kondisi haus saat  berbuka puasa. Hadits yang lain, "sebaik-baik berbuka puasa adalah dengan memakan kurma".

Setelah itu salat maghrib dulu, kemudian setelah itu baru anda mengkonsumsi makanan agar perut anda juga tidak kaget. Jangan terpengaruh dengan warna-warninya makanan. Jadi, ada dua hal yang juga perlu diperhatikan yaitu makan secukupnya sesuai kebutuhan dan jangan berlebihan. Jangan mubazir karena Allah mengatakan bahwa sesungguhnya orang yang mubazir itu adalah saudara setan dan setan itu kufur kepada Tuhannya.

Selanjutnya jangan lupa membaca doa, minimal bismillah dan keluarkan suaranya. Agar kita sendiri dapat mendengarkanya. Berapa banyak orang yang lupa, dia pikir dirinya sudah mengucapkan bismillah. Kalau Anda lupa baca bismillah, maka itu sangat merugikan.

Dalam hadits disebutkan, "setan pun bisa mengambil makanan itu maka baca bismillah". Selanjutnya, makan dengan tangan kanan. Dan juga pada saat minum, minumlah dengan tenang dan jangan pernah sambil bernapas di wadahnya.

Karena Rosul mengatakan, "jangan kalian makan dan minum dengan tangan kiri, karena setan makan dan minum dengan tangan kiri". Dikisahkan juga, Salamah anak dari istri beliau Ummu Salamah. "Baca bismillah Kalau ingin makan, makanlah dengan tangan kananmu dan makan apa yang ada di hadapanmu".

Yang terakhir, jangan terlambatkan salat magrib hanya karena makanan. Bunyi hadits Nabi Shallallahu salam, “perbuatan yang paling afdal adalah salat di awal waktu. Nabi pada setiap ditanya apa perbatan yang paling afdal? katanya salat. Salat pada waktunya". Jadi, ini termasuk adab yang harus diperhatikan dan jangan sampai setelah tau kita justru mengabaikanya.
insyouf.com
insyouf.com Religi dan Motivasi + Wawasan

Posting Komentar untuk "Adab Sebelum Buka Puasa Ala Nabi"