Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Alasan Kenapa Kamu Tidak Dihargai

tidak dihargai

Tidak Dihargai

6 Alasan Kenapa Kamu Tidak Dihargai - Apakah kamu sering merasa dimanfaatkan, tidak dihargai atau mungkin kamu sering direndahkan. Dan diperlakukan dengan kurang baik bahkan terkadang orang bisa menjadi kasar dan menghakimi. Sehingga kamu merasa seolah-olah mereka tidak menghormati dan menghargai kamu.

Tidak dihargai memang tidak menyenangkan. Apalagi untuk bergaul dengan mereka yang tidak menghargai kita. Tentunya ada penyesalan dalam diri kita. Ada kata kata bijak penyesalan"Berpikir sebelum bertindak dapat menjagamu dari penyesalan." Dan mungkin kalau ada kesempatan lain mungkin kita lebih baik pergi saja dan tidak bergaul dengan mereka.

Apalagi ketika kita melihat perlakuan yang berbeda antara kita dan teman yang lainnya. Mereka memperlakukan teman yang lain secara baik sedangkan mereka memperlakukan kita seolah-olah kita itu bukan teman.

Tapi sebenarnya bukan mereka yang salah. Bisa jadi ada yang harus kita perbaiki dalam diri kita supaya mendapatkan penghargaan dari teman-teman kita. Ketika kita mampu memperbaiki diri kita menjadi manusia yang dewasa maka orang lain pun akan mulai menghargai kita. Apa yang salah kita pelajari satu persatu supaya kedepannya teman-teman mulai menghormati kita.

Ada 6 alasan kenapa kamu tidak dihargai orang lain;

Pertama, yaitu kamu tidak menghargai dirimu sendiri. Belajar mencintai diri sendiri adalah hal yang utama. Bagaimana orang bisa menghargai kita kalau kita tidak bisa menghargai diri kita sendiri. Seringkali kita terlalu keras pada diri kita sendiri kita tidak enjoy dan kita tidak merasa nyaman. Latih harga diri kita karena dengan melatih harga diri maka cara berpikir kita pun akan menjadi tinggi dan kita akan menyukai prosesnya.

Memang memiliki rasa kontrol diri dari dalam adalah kunci untuk kondisi kesehatan mental kita. Orang yang menghargai dirinya akan percaya bahwa hal-hal yang terjadi pada mereka sangat dipengaruhi oleh tindakan kemampuan dan kesalahan mereka sendiri.

Untuk melatih harga diri pertama-tama kamu harus membiarkan dirimu untuk berani berkata tidak tanpa rasa bersalah. Apa yang penting dalam hidup ? lindungi diri kamu sendiri dan beranilah memilih untuk menjaga hubungan yang sehat. Itu kunci untuk tidak membiarkan orang lain mengambil keuntungan dan memanfaatkan diri kita. Dan pastikan apa yang sudah anda rencanakan kedepanya itu harus anda dapatkan.

Misalnya kamu berada di sebuah kedai es krim, kamu membayar untuk dua es krim, tapi kamu cuma menerima satu, lantas kamu diam saja dan membiarkannya karena alasan udah enak, kamu harus berani untuk meminta kekurangan satu es krim itu dan jangan pernah merasa bersalah. Mungkin itu hanya sebuah es krim kamu ingin katakan pada mereka saya belinya dua tapi saya baru terima satu, mungkin kecil tapi cara kita untuk melatih harga diri kita itu penting. Kamu harus menghargai diri kamu sendiri lebih daripada orang lain.

Yang kedua, tidak menetapkan batasan penting kita. Maksudnya, untuk menetapkan batasan pergaulan kita, antara diri kita dengan orang lain misalnya temanmu sering datang ke rumahmu untuk nonton film sehingga kamu senang dan peduli dengan teman-teman kamu. Tapi disisi lain mereka bukan tipe yang baik seperti tidak menghargai tuan rumah.

Melainkan mereka meletakkan kaki di atas meja sedangkan kamu sebagai tuan rumah tidak pernah meletakkan kakimu di atas meja. Apakah mereka menghormati kita? Ya jelas tidak, Apa yang harus kita lakukan sebaiknya. Dengan menetapkan batasan ketika teman-teman kita datang dan diskusikan dengan mereka.

Kita bisa kok melakukannya dengan cara yang baik untuk tetap mempertimbangkan dari sudut pandang mereka juga. Itu adalah rumah dan pada akhirnya harus mengikuti semua aturan jadi beritahu kalau nanti mereka main ke rumah bersikaplah dewasa dengan menyuruh bersikap sopan.

Karena jika tidak, teman akan semena-mena terhadap kita dan menganggap mereka bisa melakukan apa saja terhadap diri kita dan tidak memiliki rasa bersalah. Daripada nantinya mereka datang lagi kita tidak bahagia dengan kedatangan mereka. Kita menggerutu, kita ngomel setelah mereka pergi. Memberitahu mereka bukan suatu hal yang sombong peribahasanya. Peribahasa orang sombong “Terkadang seseorang menjadi sombong saat ia merasa lebih dibandingkan sekitarnya. Namun ia lupa, kalau semua itu hanya sementara.Itu adalah batasan yang kita berikan, supaya kita tetap saling menghargai

Ketiga, Pahamilah dirimu. Kamu tidak harus bersikap baik setiap saat. Kamu mungkin berpikir bahwa jika kamu tidak melakukan kebaikan terus mereka tidak menyukai kita lagi. Tapi kalau sikap mereka seperti itu berarti mereka bukan teman yang baik.

Contoh lainya, kamu mungkin merasa bersalah jika tidak mengiyakan ajakan teman kamu untuk hangout padahal kamu sendiri lagi ingin di kamar menikmati musik karena lagi malas keluar rumah. Mungkin kamu ingin teman kamu selalu tersenyum tetapi mengorbankan senyummu sendiri.

Kamu selalu mencoba tersenyum walaupun dipaksakan supaya temanmu tersenyum, padahal disaat itu kamu lagi mengalami hal-hal yang tidak menyenangkan dan kamu lagi tidak baik-baik saja. Karena bagaimana caranya kita bisa membuat orang lain tersenyum sedangkan diri kita tidak tersenyum. Bagaimana kita bisa membuat orang lain bahagia, sedangkan diri kita tidak bahagia. Kita hanya manusia, kita tidak bisa menyenangkan semua orang.

Yang keempat, mungkin kamu terlalu berlebihan. Apakah kamu sering untuk minta maaf bahkan untuk sesuatu yang bukan kesalahan kamu. Meminta maaf itu baik tapi kalau sering minta maaf mungkin ada sesuatu yang tidak beres.

Kamu mungkin mengatakan hal tersebut supaya tidak dinilai jelek di mata orang lain. Tapi tentunya maaf pun ada nilainya. Dan jika kita terlalu sering minta maaf lama-lama kesalahan kita mungkin akan dianggap biasa aja dari orang lain. Dan lama-kelamaan mereka tidak akan terlalu percaya dengan permintaan maaf.

Ada berapa hal yang biasanya kita tidak perlu minta maaf. Jika tidak ingin berbuat baik jangan meminta maaf. Kalau kita tidak melakukan apa-apa jangan katakan maaf, kecuali jika memang itu betul-betul diperlukan.

Yang kelima, bahasa tubuh yang tidak menimbulkan kepercayaan diri. Jika kita ingin mendapatkan rasa hormat dapat memperbaiki bahasa tubuh kita. Tunjukan pada orang kalau kita memang tidak bisa dipaksakan. Walaupun bahasa tubuh orang yang tidak menyukai kita bisa terlihat, seperti menyilangkan tangan dan meyepelekan. Secara harfiah sikap yang kuat dan postur yang baik tidak akan membuat anda minder apabila berpapasan dengan orang. Santai saja angkat kepalamu tinggi-tinggi dan pandangan ke depan keadaan sekitar.

Jangan takut untuk bertemu orang lain. Perbaiki penampilan walaupun ada peribahasa mengatakan don't just look the book by the cover. Akan tetapi pada kenyataannya orang pertama kali menilai kita dari penampilan. Jangan pernah berhenti melakukan yang terbaik hanya karena orang lain tidak memberi pujian atau apresiasi seni, ada yang memberi apresiasi atau tidak, ada yang memuji atau tidak, tetaplah berbuat baik meskipun tidak dihargai.

Jangan pernah sekalipun meragukan kapasitas diri atau tujuan dan cita-cita kita. Buktikan bahwa akan ada momen dimana kesuksesan kita akan berbicara lebih keras dibanding keraguan mereka kepada kita selama ini. Ada sebuah kata bijak tidak dihargai berbunyi "Orang yang kamu anggap remeh hari ini, bisa menjadi satu-satunya orang yang kamu butuhkan besok." Jadi, jaga kondisi kita selama aktifitas sehari-harinya. Tetap dalam kondisi semangat ya.

Hamba Allah
Hamba Allah <<<<<<<<< semakin yakin dan semangat >>>>>>>>> I'AM MUSLIM